Pekan Depan, PKL yang Berjualan di Trotoar Depan Pasar Ciracas Akan Ditertibkan
Ilustrasi foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan penataan terhadap 107 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Pasar Ciracas, Kecamatan Ciracas.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan penataan itu sebagai respon keluhan masyarakat di sekitar pasar dan pengguna jalan yang meminta agar fungsi trotoar dikembalikan seperti semula.

"Kita telah menggelar rapat koordinasi bersama tiga pilar dalam rangka penataan trotoar dan jalan depan Pasar Ciracas yang selama ini diduduki para PKL dan parkir liar," kata Kusmanto di Jakarta, mengutip Antara, Jumat, 5 Agustus.

Kusmanto menambahkan, penataan PKL yang berjualan di depan Pasar Ciracas tersebut dilakukan pada pekan depan. Dia juga mengatakan sudah mulai memberikan sosialisasi mengenai rencana penataan tersebut hingga empat hari ke depan.

"Kita berikan waktu empat hari ke depan. Setelah itu, tidak ada lagi PKL dan parkir liar, sehingga fungsi trotoar dapat berfungsi semestinya," ujar Kusmanto.

Lebih lanjut, dia mengatakan penataan trotoar dan parkir liar itu sudah seharusnya dilakukan. Apalagi banyak masyarakat yang mengeluhkan keberadaan pedagang musiman dan parkir liar mengganggu pengguna jalan hingga terjadinya kemacetan.

"Selama penataan, PKL akan ditempatkan sementara di halaman pasar untuk memudahkan pengerjaan merapikan trotoar termasuk mengembalikan fungsi saluran dan taman,” tutur Kusmanto.