Apa Itu Bakamla? Berikut Pengertian, Tugas dan Fungsi Beserta Sejarahnya
Personel Bakamla saat menempuh pendidikan CGBT. ANTARAHO-Humas Bakamla)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pertanyaan soal apa itu Bakamla menyeruak ke permukaan setelah salah seorang CPNS Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bernama Muhammad Ary Adithya Hasibuan meninggal ketika menempuh pendidikan Coast Guard Basic Training atau CGBT.

Apa Itu Bakamla? Pengertian dan Tujuan Bakamla RI

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia, yang dimaksud dengan Bada Keamanan Laut atau yang disingkat Bakamla adalah lembaga non kementerian yang bertugas melaksanakan patrol keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Adapun tujuan dari dibentuknya Bakamla adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kepastian hukum
  • Memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan di laut
  • Efektivitas dan efisiensi pelaksanaan Patroli.

Apa Itu Bakamla? Tugas dan Fungsi Bakamla RI

Dikutip VOI dari laman resmi Bakamla, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia memiliki tugas:

  • Melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia

Sementara fungsi dari Bakamla antara lain:

  • Menyusun kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia;
  • Menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia;
  • Melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia;
  • Menyinergikan dan memonitor pelaksanaaan patroli perairan oleh instansi terkait;
  • Memberikan dukungan teknis dan operasional kepada instansi terkait;
  • Memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia;
  • Melaksanakan tugas lain dalam sistem pertahanan nasional.

Apa Itu Bakamla? Sejarah Bakamla RI

Melansir laman resmi Kominfo, Selasa, 20 September 2022, sejarah berdirinya Bakamla RI bermula ketika peringatan Hari Nusantara 2014 yang digelar di Kotabaru, Kalimantan Selasan (Kalsel) pada Senin, 15 Desember 2014.

Kala itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberikan pengumuman soal pembentukan Badan Keamanan Laut yang disingkat Bakamla.

Personel Bakamla
Personel Bakamla (Antara/Yude)

Sekretaris Kabinet (Seskab), kala itu, Andi Wijayanto yang tengah mendampingi Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Nusantara 2014 di Kotabaru menyampaikan, Bakamla dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 178/2014 tentang Badan Keamanan Laut.

Dikatakan Andi, Bakamla diberi tugas untuk melakukan patrol keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

"Pembentukan Bakamla menandakan era baru sinergitas operasi keamanan laut yang didukung oleh Sistem Peringatan Dini dan Unit Penindakan Hukum yang terpadu," ucap Andi.

Sebelum dipegang oleh Bakamla, tugas menjaga keamanan dan kegiatan operasi keamanan di laut dikerjakan oleh Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata, Menteri Perhubungan, Menteri Keuangan, Menteri Kehakiman, dan Jasa Agung tentang Pembentukan Badan Koordinasi Kemanan di Laut dan Komando Pelaksana Operasi Bersama Kemananan di Laut.

Pada 2003, pemerintah membentuk kelompok kerja Perencanaan Pembangunan Keamanan dan Penegakan Hukum di Laut yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar berbagai instansi pemerintah di bidang keamanan laut.

Pembentukan kelompok kerja tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Nomor Kep.05/Menko/Polkam/2/2003.

Berikutnya, pada 29 Desember 2005, lewat serangkaian seminar dan rapat koordinasi lintas sektora, ditetapkanlah Peraturan Presiden No. 81/2005 tentang Bakorkamla yang menjadi dasar hukum dari Badan Koordinasi Keamanan Laut.

Pada 8 Desember 2014, dibentuklah Bakamla yang merupakan perubahan nama dari Bakorkamla dengan kekuasaan yang lebih besar dan mengamankan laut di seluruh Tanah Air. Bakamla dibentuk berdasarkan Perpres No. 178/2014.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Bakamla, pengertian, tugas dan fungsi beserta sejarah pembentukan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia.