Kolaborasi Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo, Siap Sukseskan Wisata Religi Wali Songo
Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu Gubernur Ganjar Pranowo membahas peningkatan potensi pariwisata Indonesia khususnya di provinsi Jawa Tengah.

Pada pertemuan tersebut, Ganjar Pranowo menyampaikan laporan potensi pariwisata yang dimiliki Jawa Tengah salah satunya wisata religi. Wisata religi yang ditawarkan Jawa Tengah seperti ziarah ke makam Wali Songo.

Menurut Ganjar, kunjungan wisatawan saat ziarah bisa meningkat tajam ketika bertepatan dengan momen tertentu.

"Sebenarnya kalau kita melihat tempat ziarah Ziarah atau wisata religi ini ga kalah itu luar biasa apalagi kalau pas mereka kunjungan ke sana di sana ada shalawatan wah itu tambah ramai lagi itu bisa kalau kita umumin 10 ribu orang per satu momen itu luar biasa," kata Ganjar Pranowo kepada Sandiaga Uno, Rabu 7 Desember.

Menyambut baik hal tersebut, Sandiaga Uno akan mengembangkan potensi pariwisata di Jawa Timur terutama pada sektor wisata religi. Menparekraf menyebut akan menambahkan opsi seperti sholawatan agar pengunjung meningkat.

"Jadi ini menarik nih karena ada destinasi tapi kalau dilengkapi dengan event-nya shalawatan atau maulid gitu ya itu yang tadinya targetnya 1.000 sampai 1.500 bisa jadi 10.000 - 15.000 gitu karena wisata religi kita ini sangat potensi dipaketkan dengan wisata umroh," kata Sandiaga Uno.

"Jadi tadi pak Luhut dan beberapa rekan rekan di rakor menyampaikan kita banyak kebocoran itu karena dari paket umrah yang biasa 7 sampai 10 hari terus pulangnya itu singgah di Turki singgah di Mesir dan ini bagaimana kalau kita buatkan paketnya seperti yang tadi paket wisata religi yang ditawarkan oleh pak Ganjar ini juga mungkin menarik nanti untuk kita kembangkan," lanjut Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menyatakan siap untuk berkolaborasi dengan Ganjar Pranowo dalam mengembangkan wisata religi.

"Saya dan Mas @ganjar_pranowo siap BERKOLABORASI memaksimalkan potensi luar biasa dari wisata religi Indonesia, apalagi jika dilengkapi dengan event-event seperti shalawat atau maulid maka jumlah wisatawan bisa meningkat berkali-kali lipat sehingga mendorong terciptanya lapangan kerja baru berkualitas seluas-luasnya," kata Sandiaga Uno melalui akun Instagram-nya.

"Selain itu, hal kreatif dan inovatif lainnya kami juga akan membuat paket wisata religi Indonesia dengan wisata umroh dengan memanfaatkan destinasi-destinasi religi yang dimiliki Indonesia seperti ziarah ke makam para Sunan. Paket wisata nusantara akan terus kami kembangkan, sehingga pariwisata Indonesia bisa bangkit," tuturnya.