Benjamin Netanyahu Sebut Berhasil Dapatkan Kesepakatan untuk Membentuk Pemerintahan Baru
Benjamin Netanyahu. (Wikimedia Commons/U.S. Department of State)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana menteri terpilih Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Hari Rabu, dia telah mendapatkan kesepakatan untuk membentuk pemerintahan baru, setelah berminggu-minggu melakukan negosiasi alot yang tak terduga dengan mitra koalisi sayap kanan dan agama.

"Saya telah berhasil (membentuk pemerintahan)," kata Netanyahu di Twitter, beberapa menit sebelum batas waktu tengah malam yang ditetapkan oleh Presiden Isaac Herzog, melansir Reuters 22 Desember.

Sementara itu, seorang juru bicara Presiden Herzog mengonfirmasi bahwa pernyataan Netanyahu telah diterima.

Partai Likud konservatif Netanyahu dan partai-partai religius-nasionalis yang berpikiran dekat dengan komunitas pemukim ultra-Ortodoks dan Tepi Barat, memenangkan mayoritas yang nyaman dalam pemilihan 1 November, menjanjikannya 64 dari 120 kursi parlemen.

Namun, kesepakatan untuk membentuk pemerintahan tertahan oleh perselisihan atas paket undang-undang yang diusulkan tentang berbagai masalah mulai dari otoritas perencanaan di Tepi Barat hingga kendali kementerian atas polisi.

Pemerintahan baru, yang sekarang harus dihadiri Netanyahu dalam waktu seminggu, akan mulai menjabat setelah satu tahun yang telah menyaksikan tingkat kekerasan terburuk di Tepi Barat dalam lebih dari satu dekade, dengan lebih dari 150 warga Palestina dan lebih dari 20 warga Israel tewas.

Pemerintahan yang stabil akan menjadi keberangkatan dari periode pergolakan, yang membuat orang Israel pergi ke tempat pemungutan suara lima kali dalam waktu kurang dari empat tahun. Tetapi perselisihan selama berminggu-minggu telah memperjelas bahwa koalisi mungkin masih menghadapi ketegangan internal yang signifikan.

Susunannya serta proposal yang akan memberi parlemen kekuatan lebih besar untuk membatalkan keputusan pengadilan, juga menimbulkan kekhawatiran di Israel dan luar negeri. Kritikus melihat ancaman terhadap independensi sistem peradilan.

Dimasukkannya garis keras Itamar Ben-Gvir dari partai Kekuatan Yahudi ultranasionalis dan Bezalel Smotrich dari partai Zionisme Religius sayap kanan, telah mengejutkan warga Palestina dan liberal Israel.

Keduanya menentang kenegaraan Palestina dan mendukung perluasan kedaulatan Israel ke Tepi Barat, menambah hambatan lain untuk solusi dua negara, resolusi yang didukung oleh para pemimpin Palestina, Amerika Serikat dan pemerintah Eropa.

Ben-Gvir akan menjabat sebagai menteri keamanan, dengan wewenang atas polisi, sementara partai pro-pemukim Smotrich akan memiliki kendali atas perencanaan di Tepi Barat, memberinya kekuasaan luas atas kehidupan warga Palestina dan membuka pintu bagi perluasan permukiman Israel.

Ben-Gvir juga ingin mengambil kendali langsung yang lebih besar atas polisi, dengan undang-undang yang akan memberinya wewenang langsung atas masalah kebijakan yang biasanya diputuskan oleh komisaris polisi.

Netanayhu mengatakan, dia pada akhirnya akan menetapkan kebijakan Israel dan telah berjanji untuk memerintah demi kepentingan semua warga negara di Israel. Pemimpin veteran, yang kembali setelah menjalani rekor 15 tahun di kantor puncak, diadili atas tuduhan korupsi yang dibantahnya.