TNI AU Periksa Acak Penumpang Bandara Husein Sastranegara Bandung Jelang Libur Tahun Baru 2023
Ilustrasi alat pendeteksi suhu tubuh untuk mengantisipasi masuknya virus cacar monyet di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jatim. (Antara-Umarul F)

Bagikan:

JABAR - Personel TNI AU melakukan pemeriksaan secara acak kepada penumpang pesawat terbang di Pangkalan Udara TNI AU Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara, Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma mengatakan, sebanayak 20 personel TNI AU diterjunkan sebagai langkah pengamanan pihaknya menghadapi libur Tahun Baru 2023.

"Dan di sekitar bandara ada 20-30 personel," kata dia, di Bandung, Jawa Barat, Senin 26 Desember, disitat Antara.

Meskipun ada pemeriksaan, ia memastikan para calon penumpang tidak akan terganggu dan terhambat saat hendak menggunakan jasa penerbangan.

Menurut dia, pengerahan personel untuk pemeriksaan itu sudah dilakukan sejak sebelum Natal 2022. Selain di kawasan bandara, menurutnya personel TNI AU juga turut menjaga di gereja sekitar bandara.

Selain penjagaan oleh personel, menurut dia, dua anjing pelacak juga dikerahkan untuk kegiatan pengawasan dan pemeriksaan itu.

Adapun pada sepekan menjelang Tahun Baru 2023, terjadi 30 peningkatan jumlah pengguna jasa penerbangan di sana.

"Rata-rata karena di sini tujuan favorit Medan dan Bali, ke Medan pulang kampung, ke Bali ini jalan-jalan, ini karena bertepatan liburan sekolah jadi pada pulang juga," tandasnya.