Gubsu Edy Rahmayadi Masih Menimbang-nimbang Sekolah Tatap Muka
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi (Instagram edy_rahmayadi)

Bagikan:

MEDAN - Pemprov Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini belum memutuskan soal pembukaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah mulai awal 2021.

"Satgas Penanganan COVID-19 Sumut masih akan melakukan rapat koordinasi dengan tokoh-tokoh pendidikan, masyarakat, maupun ahli kesehatan dan anak untuk membahas kemungkinan atau alternatif terbaik dalam rencana sekolah tatap muka," ujar Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di Medan dikutip Antara, Selasa, 29 Desember.

"Yang pasti hingga saat ini, saya sebagai Gubernur Sumut belum mengizinkan sekolah tatap muka itu dengan alasan untuk kepentingan menjaga penularan COVID-19," katanya.

Dia mengakui pendidikan salah satu aspek penting dalam membangun bangsa, namun di tengah pandemi COVID-19, kesehatan khususnya anak-anak selaku generasi penerus bangsa, harus menjadi prioritas penanganan.

Gubsu Edy menegaskan sudah menyampaikan keputusan Pemprov Sumut itu ke bupati/wali kota se-Sumut meski secara virtual.

"Para bupati/wali kota sudah diminta juga memenuhi berbagai persyaratan kalau nantinya sekolah tatap muka diberlakukan, " katanya.

Para kepala daerah sambung Gubsu Edy diminta mulai menyiapkan segala sesuatunya untuk menjalankan protokol kesehatan di sekolah, seperti penyediaan sarana cuci tangan dan jaminan guru tidak terpapar COVID-19.

"Sekolah tatap muka juga hanya dibolehkan di kabupaten/kota yang sudah masuk zona hijau,” kata Gubsu Edy.