4 Rute Bus Transjakarta Dialihkan Imbas Kebakaran Dekat RSPAD dan Demo DPR
Penumpang mengantre di halte bus Transjakarta. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan pengalihan sejumlah rute busnya akibat adanya kebakaran permukiman penduduk di dekat RSPAD Gatot Subroto dan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR.

"Sehubungan dengan adanya insiden kebakaran di sekitar jalan RSPAD, Jakarta Pusat serta adanya penutupan jalur di sekitar DPR/MPR RI, Jakarta Selatan pada hari ini, berdampak pada empat layanan Transjakarta yang mengalami pengalihan rute," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangannya, Senin, 13 Maret.

Apri menuturkan, kebijakan ini diambil agar masyarakat yang biasa beraktifitas menggunakan keempat layanan tersebut tetap bisa terlayani mobilitasnya.

"Layanan akan kembali beroperasi normal saat jalur sudah bisa dilintasi bus kembali," ucap dia.

Berikut empat rute yang dialihkan:

1. Senen – Tanah Abang (1P)

Untuk sementara arah Tanah Abang tidak melayani bus stop Atrium sampai dengan bus stop RSPAD 2, sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

2. Senen – Gondangdia (2P)

Untuk sementara arah Tanah Abang tidak melayani bus stop Atrium sampai dengan bus stop RSPAD 2, sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

3. Tosari – Stasiun Palmerah (1B)

Untuk sementara arah Stasiun Palmerah tidak melayani bus stop MPR/DPR RI sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

4. Bundaran Senayan - Stasiun Palmerah (1F)

Untuk sementara arah Stasiun Palmerah tidak melayani bus stop MPR/DPR RI sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Sebagai informasi, kebakaran melanda rumah tinggal penduduk di Jalan Prapatan III, Kelurahan Senen, Kecamatan Jakarta Pusat. Peristiwa ini terjadi pada hari ini pukul 12.15 WIB.

Sebanyak 75 personel Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan dikerahkan untuk memadamkan api. Saat ini penduduk telah dilokalisasi dan pemadaman masih berlangsung.

Selain itu, sejumlah buruh menggelar demonstrasi di DPR RI dengan tuntutan menolak pengesahan Perppu Omnibus Law Cipta Kerja menjadi Undang-Undang. Lalu lintas di Jalan Gatot Subroto arah Slipi juga ditutup.

Rinciannya, arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR dibelokkan kiri ke Jalan Gerbang pemuda. Arus lalu lintas dari jalan Gerbang Pemuda arah Gedung DPR/MPR diputar balik di Kolong layang farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda.

Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan Jalan Tentara Pelajar. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika diluruskan ke Jalan Gelora. Lalu, arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora dibelok ke kiri Jalan Asia Afrika.