251 Anggota Polresta Mataram Jalani Tes Urine, Hasilnya Semua Negatif
Suasana pelaksanaan kegiatan tes urine personel dan ASN guna deteksi penyalahgunaan narkotika di Gedung Wira Pratama Polresta Mataram, NTB, Senin (20/3/2023). (ANTARA)

Bagikan:

MATARAM - Sebanyak 251 personel dan aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menjalani tes urine untuk mendeteksi perihal penyalahgunaan narkotika dan hasilnya semua anggota negatif narkoba.

Kegiatan di Gedung Wira Pratama itu berlangsung secara mendadak usai seluruh personel dan ASN menggelar apel pagi di Markas Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram Komisaris Besar Polisi Mustofa yang turut hadir melaksanakan tes urine dan menyaksikan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam upaya mencegah adanya penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja Polresta Mataram.

"Jadi, tes urine ini merupakan kegiatan rutin secara berkala yang kami gelar dadakan untuk mendeteksi sekaligus mencegah penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja Polresta Mataram," kata Mustofa dikutip ANTARA, Senin 20 Maret.

Sementara itu, Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polresta Mataram Inspektur Polisi Satu Mutawali menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan upaya mencari kesalahan anggota, melainkan untuk menjaga komitmen personel maupun ASN dalam memerangi narkotika.

"Karena pada prinsipnya, lebih baik mencegah daripada memberikan tindakan tegas bagi anggota yang melanggar," ujar Mutawali.

Iptu Mutawali mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tes urine ini masuk dalam program prioritas Polri dalam hal penguatan, pencegahan dini, dan penyimpangan di tubuh Polri.

"Apalagi, personel Polri harus menjadi contoh. Maka, harus terbebas dari penyalahgunaan narkoba," ucapnya.

Dari hasil tes, Mutawali menegaskan bahwa tidak ada satu pun yang menunjukkan tanda urine positif mengandung bahan narkotika.

"Hasilnya negatif dan tentu hasil negatif ini diminta Bapak Kapolresta Mataram harus dipertahankan. Anggota Polri tidak boleh terlibat dengan narkoba," kata dia.

Polresta Mataram menggelar tes urine ini dengan menggandeng tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Mataram dan Tim Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polresta Mataram. Selain tes urine, seluruh personel dan ASN juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gigi.