Rokok Konvensional vs Vape, Kemenkes: Sama Saja dan Jadi Ancaman Generasi Muda
Lustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan mengingatkan keberadaan rokok elektrik atau vape merupakan ancaman serius bagi kesehatan generasi muda di Indonesia.

"Vape menjadi ancaman serius bagi pemuda di Indonesia. Rokok elektronik ini tidak aman untuk anak-anak, karena mengantarkan nikotin dan perasa dalam bentuk aerosol yang memiliki 7.000 efek negatif," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Dr. Eva Susanti seperti dikutip ANTARA, Rabu 5 April.

Eva Susanti mengatakan rokok elektronik sebenarnya sama saja dengan rokok konvensional. "Artinya sama-sama membahayakan," katanya.

Rokok elektronik adalah perangkat bertenaga baterai yang dapat mengantarkan nikotin dan perasa dalam bentuk aerosol.

Eva Susanti menjelaskan aerosol rokok elektrik mengandung zat berbahaya.

"Karena ada senyawa organik yang mudah menguap, ada partikel halus yang merusak, ada logam berat seperti nikel, timah, timbal penyebab kanker, perasa, dan ada bahan kimia penyebab kanker," katanya.

Eva Susanti merinci propilen glikol pada rokok elektrik dapat menyebabkan iritasi paru-paru dan mata, serta gangguan saluran pernapasan.

Kemudian kandungan nikotin pada rokok elektronik memiliki efek candu yang memicu depresi, kepala pusing, tubuh gemetar, dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, kanker paru-paru, penyempitan pembuluh darah, dan kematian.

Eva Susanti menambahkan nikotin juga dapat membahayakan perkembangan otak, yang dapat berlanjut hingga anak berusia 25 tahun.

Tak hanya itu, perisadiasetil pada rokok elektrik dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis.

"Yang penting, jauhi rokok elektronik karena sangat buruk dampaknya bagi kesehatan," pesan Eva Susanti.