Detik-detik Suara Megawati Bergetar Haru sebelum Umumkan Ganjar Pranowo Capres dari PDIP
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri (VOI/DPP PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Suara Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat bergetar menahan tangis sebelum mengumumkan Ganjar Pranowo resmi diusung partainya menjadi capres di Pemilu 2024. 

Momen ini terjadi di menit-menit awal saat Megawati menjelaskan panjang lebar makna 21 April dalam sejarah panjang perjuangan Indonesia, termasuk salam 'Merdeka' sebagai simbol salam nasional.

Megawati kemudian menyapa Presiden Joko Widodo dan seluruh kader yang menyaksikan via daring pengumuman tersebut.

"Hari ini tepat tanggal 21 April 2023 bertepatan dengan hari Kartini, Raden Ajeng Kartini oleh Presiden Soekarno." pada kalimat inilah suara Megawati bergetar seakan menahan air mata.

Namun demikian, Megawati tetap melanjutkan pidatonya soal kiprah penting Soekarno yang menjadi pelopor pembebasan sekaligus simbol perjuangan perempuan. 

"Kaum perempuan ini bukan sekadar perjuangan emansipasi belaka, bukan pula hanya sebatas politik afirmatif. Namun menyangkut hal yangg mendasar terkait dengan harkat dan martabat kaum perempuan.  Sebab kata Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban," tegas Megawati. 

Suara Megawati kembali normal melanjutkan penjelasannya soal makna 21 April sampai akhirnya mengumumkan nama Ganjar sebagai calon presiden 2024.

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucap Bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden RI dari partai PDIP," tegas Megawati.