Cuaca Buruk Bikin Pesawat Lion Air Gagal Mendarat di Aceh dan Kembali ke Medan
DOK ANTARA/Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh

Bagikan:

MEDAN - Pesawat Lion Air JT-306 rute Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut tujuan Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh harus kembali ke Kualanamu. Cuaca buruk jadi penyebanya.

“Penerbangan JT-306 kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB) dikarenakan kondisi angin di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda yang kurang baik. Kondisi tersebut berupa tingginya kecepatan angin yang bergerak searah dengan arah pendaratan pesawat yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan karena dapat mengganggu kestabilan pesawat saat akan mendarat,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Mei.

Dijelaskan Danang, pilot sangat mematuhi batasan kecepatan angin yang diizinkan dalam penerbangan untuk memastikan keselamatan dan stabilitas pesawat selama penerbangan dan pendaratan.

“Keputusan untuk kembali ke bandara karena cuaca yang kurang baik tersebut adalah keputusan yang tepat sebagai prioritas keselamatan penerbangan,” sambungnya. 

Pilot menurut Danang mempertimbangkan banyak faktor sebelum mengambil keputusan untuk kembali ke bandara asal, termasuk kondisi aktual cuaca dan perkiraan cuaca di sepanjang rute penerbangan, kemampuan pesawat dan faktor-faktor lain yang mendukung operasional penerbangan berjalan normal.

 “Awak pesawat telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa pesawat kembali ke bandar udara asal karena cuaca kurang baik, maka akan terjadi keterlambatan kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda. Kru yang bertugas bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada penumpang mengenai situasi tersebut,” papar Danang.

Setelah pesawat tiba di Bandara Internasional Kualanamu pukul 16.00 WIB, penumpang diinformasikan tentang situasi selanjutnya.

Setelah kondisi cuaca dan kecepatan angin di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda  dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan, maka Lion Air dapat melanjutkan penerbangan dari Kualanamu ke Banda Aceh.

“Penerbangan JT-306 mengudara dari Bandar Udara Internasional Kualanamu pukul 17.04 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda pukul 18.00 WIB,” ujar Danang