BMKG Perkirakan Sumut Diguyur Hujan 2 Hari ke Depan
Pengendara motor melanggar lalu lintas bonceng tiga menerobos guyuran hujan. (Antara-Muhammad Bagus Khoirunas)

Bagikan:

SUMUT - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi turun hujan lebat diiringi angin kencang dan petir dalam dua hari ke depan.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba meminta masyarakat harus mewaspadai perubahan cuaca secara tiba-tiba yang dapat memicu bencana hidrometeorologis.

"Kondisi tersebut berpotensi dapat terjadi di kawasan Pantai Barat, pegunungan, Lereng Timur dan Pantai Timur Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya," katanya di Medan, Sumut, Rabu 19 Juli, disitat Antara.

Secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah di Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, P. Sidimpuan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan dan Sekitarnya

Sementara suhu udara rata-rata 16.0 – 33.0 derajat celcius, kelembapan udara 60–98 persen dan angin berhembus dari barat daya b Barat dengan kecepatan 10 – 30 km/jam