Korea Selatan Berencana Turunkan Status COVID-19 Setara Flu Musiman Bulan Ini
Ilustrasi COVID-19 di Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Busan Metropolitan City)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan kemungkinan akan menurunkan tingkat infeksi COVID-19 ke kategori terendah yang setara dengan flu musiman pada bulan ini, kata pejabat kesehatan pada Hari Minggu.

Perubahan status tersebut merupakan bagian dari langkah untuk mencabut semua pembatasan antivirus dan sepenuhnya kembali ke keadaan normal sebelum pandemi.

Saat ini, infeksi COVID-19 di Korea dikategorikan ke dalam kelompok Kelas 2, setara dengan cacar air atau campak. Jika tingkatnya diturunkan ke Kelas 4, atau tingkat terendah, virus ini akan setara dengan flu musiman.

"Otoritas kesehatan berencana untuk mengadakan pertemuan pada Hari Senin, dan mereka diharapkan untuk mengumumkan rencana penurunan tingkat infeksi COVID-19 pada Hari Rabu," kata para pejabat, dilansir dari The Korea Times 21 Agustus.

Namun, waktu yang tepat kapan penyesuaian akan diberlakukan dapat berubah, tergantung pada apa yang diputuskan oleh pemerintah dan para ahli untuk dilakukan dalam hal perlindungan pasien berisiko tinggi, serta dukungan medis untuk pasien yang terinfeksi, kata para pejabat.

Diketahui, pada kurun waktu 6 hingga 12 Agustus, Negeri Ginseng melaporkan 349.279 infeksi baru, naik 0,8 persen dari minggu sebelumnya.

Kendati demikian, laju peningkatan telah melambat sejak minggu ketiga Bulan Juli. Tingkat kematian juga tetap rendah pada 0,03 persen, merujuk pada data KDCA (Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea).