Pilkades Serentak di 6 Desa, Polres Jember Terjunkan 600 Personel Gabungan
Polres Jember menggelar "Apel Pergeseran Pasukan" dalam rangka pengamanan pilkades serentak di Mapolres Jember, Minggu (24/9/2023). ANTARA/HO-Polres Jember

Bagikan:

JEMBER - Polres Jember menyiagakan sebanyak 600 personel gabungan untuk pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di enam desa di kabupaten setempat pada 25 September 2023.

"Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi pilkades serentak dengan mengerahkan 600 personel gabungan. Kami yakin bisa menjaga situasi tetap kondusif," kata Wakapolres Jember Kompol Hendry Ibnu Indarto saat memimpin langsung apel pergeseran pasukan dalam rangka pilkades serentak yang dilaksanakan di halaman Mapolres Jember, Jawa Timur, Antara, Minggu, 24 September.

Keenam desa yang menggelar pilkades serentak yakni Desa Karangrejo di Kecamatan Gumukmas, Desa Pace di Kecamatan Silo ,Desa Tisnogambar di Kecamatan Bangsalsari, Desa Tanggulkulon di Kecamatan Tanggul dan Desa Padomasan serta Desa Sarimulyo di Kecamatan Jombang.

"Kami mengerahkan personel gabungan untuk pengamanan pilkades sebanyak 600 orang yang terdiri dari TNI, Polri, dan Linmas. Langkah itu diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pilkades berlangsung," ujarnya.

Ia menjelaskan pengamanan tersebut mencakup berbagai aspek, termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan pilkades.

"Polres Jember juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam pilkades serentak di enam desa itu," katanya.

Ia berharap masyarakat di Kabupaten Jember dapat berpartisipasi dengan menjaga ketenangan dan kedamaian selama proses pilkades serentak itu, sehingga tidak membuat tindakan yang dapat mengganggu keamanan pilkades.

"Polri bersama personel gabungan akan terus berupaya menjaga situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan demokrasi tingkat desa yang dilakukan secara serentak tersebut," ujarnya.

Polres Jember sudah melakukan pemetaan tingkat kerawanan pada tiap-tiap desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak, sehingga polisi juga meningkatkan pengamanan.