HUT ke-78, TNI Bakal Konvoi Bagikan 55 Ribu Sembako dari Monas ke Bundaran HI
Asisten Personel Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto usai geladi bersih upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023/Diah Ayu/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Aparat TNI bakal membagikan puluhan ribu paket sembako kepada masyarakat dengan konvoi di sepanjang jalan dari Monumen Nasional (Monas) menuju kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Pembagian paket sembako ini dilakukan usai upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 pada pagi harinya di Monas.

Hal ini diungkapkan Asisten Personel Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto usai geladi bersih upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 yang dimulai sejak pagi tadi.

"Akan dibagikan 55 ribu paket sembako untuk masyarakat sepanjang jalan dari Monas menuju ke HI. Setelah kegiatan pelaksanaan upacara, nanti akan disiapkan sepanjang jalan itu," kata Arif di Monas, Selasa, 3 Oktober.

Kegiatan konvoi dari Monas menuju Bundaran HI ini diakui Arif akan memengaruhi kinerja lalu lintas, khsusunya di sepanjang Jalan MH Thamrin. Sementara, soal rekayasa lalin di sekitar kawasan Monas saat HUT ke-78 TNI diserahkan kepada kepolisian.

"Penutupan tidak, tetapi kita memakai separuh jalan. Untuk rekayasa lalu lintas dikoordinasikan dengan Polda setempat," ungkap dia.

Pada kegiatan ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menjadi inspektur upacara. Arif menuturkan, 4.636 personel akan ikut serta dalam upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI.

Ratusan alutsista turut dipamerkan dalam peringatan tersebut. Di antaranya pengerahan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara yang akan melintasi langit di atas kawasan Monas, serta 140 alutsista darat yang akan dipamerkan dalam HUT TNI ke-78.

Arif menuturkan, pameran alutsista ini dilakukan untuk memperlihatkan kesiapan TNI, baik matra darat, laut, dan udara, dalam menghadapi situasi yang genting kepada masyarakat.

"Tentunya kita ingin memeberikan suatu pesan kepada masyarakat apa yang telah diberikan masyarakat kepada TNI yang mana 2 tahun sebelumnya peringatan HUT terkendala karena COVID," ungkap dia.

Tak hanya alutsista, TNI juga akan memamerkan rudal-rudal yang didatangkan dari luar negeri. Kemudian, HUT ke-78 TNI juga akan dimeriahkan oleh aksi terjun payung dengan 78 personel dari udara dan mendarat di halaman Monas. Dilakukan juga akrobatik pesawat tempur yang mengelilingi tugu Monas.

Peringatan HUT ke-78 TNI dilanjutkan dengan tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel, dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

"Yang menjadi unik di sini adalah ditampilkan berbagai demo, salah satunya adalah kolose senapan yang memecahkan rekor MURI, karena memang kolose senapan ini dilaksanakan dari tiga matra dengan jumlah 678 prajurit TNI," urai Arif.

Adapun, tema dalam peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini yakni "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju".

Dalam tema tersebut terkandung makna bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia.