BMKG: Waspadai Potensi Banjir Dampak Hujan di Sumut
Foto (Antara)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di sebagian wilayah di Sumatera Utara agar waspada terhadap potensi terjadinya banjir dampak hujan lebat yang mengguyur daerah itu.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Pantai Timur, Lereng Timur, Pegunungan, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Sabtu.

Berdasarkan data dari BMKG, cuaca di Sumatera Utara untuk dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata cerah berawan

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan Lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, T. Tinggi, Batubara, Karo, Humbahas, Sibolga, Tapanuli Tengah, Simalungun, P. Siantar, Asahan, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Pada dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Sumatera Utara. Hujan Sedang berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Dairi dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 17 – 34.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.