Mengenal Iron Dome Israel sebagai Sistem Pertahanan Paling Efektif, Mengapa Bisa Ditembus Hamas?
Mengenal iron dome (Istimewa)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem pertahanan Iron Dome menjadi sorotan ketika pasukan Hamas menyerang Israel dengan tembakan roket. Disebut sebagai sistem pertahanan militer tercanggih di dunia, Iron Dome berhasil ditembus oleh Hamas. Masih belum banyak orang yang mengenal Iron Dome sebagai sistem pertahanan rudal Israel tersebut. 

Pasukan Hamas menembakan 5000 roket ke berbagai kota di Israel sukses menembus Iron Dome pada Operasi Badai al-Aqsa pada 7 Oktober 2023. Hamas berhasil mengidentifikasi celah atau kelemahan dari Iron Dome yang tidak dirancang mampu menahan ribuan roket sekaligus. 

Setelah ribuan hujan roket menghantam gedung dan instalasi militer Israel, ratusan milisi Hamas menerobos kota-kota bagian Israel selatan lewat Jalur Gaza. Banyak pihak terkejut karena Iron Dome bisa dibobol oleh Hamas. Lantas apa itu Iron Dome yang diklaim sebagai pertahanan militer paling efektif?

Mengenal Iron Dome Sistem Pertahanan Israel

Iron Dome milik Israel dinilai disebut sebagai salah satu sistem pertahanan udara yang paling efektif di dunia militer. Sistem pertahanan rudal ini dirancang untuk dapat merespon ancaman jarak pendek dari Gaza dan Lebanon Selatan. Sejak dioperasikan pada tahun 2011, Iron Dome terbukti mampu menghalau ribuan roket.

Iron Dome dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems milik Israel, dengan dukungan dari Amerika Serikat (AS). Sistem pertahanan ini digunakan oleh Israel untuk menepis ancaman seperti mortir, roket, dan pesawat tak berawak. Terdapat tiga elemen utama dalam sistem ini, yaitu peluncur dan penangkalnya, radar multi-misi berbasis darat, dan sistem kontrol. 

Saat ini ada 10 unit perangkat Iron Dome yang dipasang oleh Israel dan ditempatkan di berbagai penjuru wilayahnya. Sistem pertahanan ini memiliki tiga baterai yang dioperasikan di Israel, dengan tambahan satu baterai dipersiapkan untuk penempatan di Laut Mediterania. Setiap unit baterai terdiri dari radar, sistem pemandu, dan 20 rudal interceptor.

Berdasarkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), sistem pertahanan ini mampu memberikan perlindungan skala kota terhadap roket dengan jangkauan antara 4 sampai 70 km. Setiap unit perangkat Iron Dome bisa melindungi dalam skala 155 kilometer persegi dan dipasang di lokasi strategis sekitar kota dan pemukiman penduduk. Dalam satu unit perangkat, terdiri dari tiga hingga empat peluncur dan setiap peluncurnya memiliki kapasitas 20 penangkis. 

Kelemahan Iron Dome Israel Mulai Terbongkar

Kementerian Pertahanan Israel mengklaim Iron Dome sanggup mengatasi berbagai ancaman serangan secara bersamaan dengan tingkat keberhasilan mencapai 90 persen. Namun sistem pertahanan yang dinilai sangat efektif ini akhirnya bisa diterobos oleh serangan mendadak dari militan Hamas.

Meski didesain untuk memberi perlindungan dan mencegah roket maupun moritr, Iron Dome bisa gagal mencegah serangan disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

Jumlah Tembakan Roket

Jumlah serangan roket ternyata cukup mempengaruhi kemampuan Iron Dome dalam mengantisipasinya. Hamas menembakkan roket dalam jumlah banyak dalam serangan-serangan terakhirnya. Militan Hamas mengklaim memborbardir dengan sekitar 5.000 roket dalam waktu 20 menit. Dalam kondisi tersebut, Iron Dome kewalahan menangkal semua ancaman.

Jenis Roket yang Digunakan

Dalam aksi serangan tiba-tiba pada 7 Oktober 2023, Hamas menggunakan berbagai jenis roket. Ada roket Qassam yang sederhana dan roket Grad yang lebih canggih. Sistem pertahanan Iron Dome cukup efektif menghalau roket Qassam, namun kesulitan mencegat roket Grad.

Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan Iron Dome dalam mencegah serangan musuh. Teknologi dalam Iron Dome kesulitan mendeteksi roket ketika situasi cuaca buruk, seperti kabut tebal atau hujan lebat. 

Keberhasilan Hamas Menghindari Sistem Pertahanan Udara Israel

Militan Hamas menyusun berbagai strategi untuk menghindari Iron Dome milik Israel. Salah satu taktik yang diterapkan oleh Hamas yakni memakai roket yang diluncurkan dari kendaraan bergerak sehingga radar Iron Dome sulit mendeteksi. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Iron Dome yang diklaim sebagai sistem pertahanan tercanggih dan paling efektif di dunia. Kegagalan Iron Dome dalam mencegah serangan roket Hamas tentunya mengejutkan dunia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.