Dubes Djauhari Apresiasi Perusahaan Asal China LiuGong-PNJ, Menggelar Kompetisi Teknisi Handal
Peserta Kompetisi Teknisi Handal (ANTARA)

Bagikan:

DEPOK - Gelaran  Kompetisi Teknisi Handal oleh perusahaan asal  Cina LiuGong dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)  diapresiasi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk China dan Mongolia, H.E. Djauhari Oratmangun.

Menurut Duta besar Djauhari,  Kompetisi  yang digelar ini merupakan implementasi dari visi yang dibicarakan Presiden Jokowi bersama Presiden Xi Jinping.  "Mengenai kerja sama di bidang vokasional training," katanya.

"Saya ucapkan terima kasih ke PNJ, kementerian terkait dan LiuGong yang merealisasikan visi besar kedua pemimpin negara. Dimana visi ini dibahas dalam pertemuan tahun 2018 dan dalam waktu tidak terlalu lama sudah terimplementasikan," ujar Djauhari Oratmangun dalam keterangannya, Sabtu.

Dengan kolaborasi ini diharapkan semakin meningkatkan hubungan antar kedua negara. Saat ini China merupakan partner dagang utama Indonesia dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia. Hubungan ini akan semakin kuat jika jalinan people to people terus ditingkatkan.

Sementara itu, Wakil Direktur 4 PNJ Dr. Dewi Liliana mengucapkan terima kasih atas peran Dubes Indonesia untuk China yang memberi peluang dan kesempatan untuk bermitra dengan industri. Pihaknya siap menangkap peluang itu dengan mengimplementasikan kerja sama sejak tahun 2022.

"Terima kasih kepada LiuGong yang ke Indonesia tidak hanya untuk berbisnis saja, tapi juga memperhatikan perkembangan SDM bahkan mendirikan customer experience center didalam kampus PNJ," ucapnya.

Tidak hanya itu, perhatian lain yang diberikan mereka yakni melatih dosen untuk bisa mengajar dan memberi training kepada mahasiswa program studi alat berat tahun 2022 sebanyak 80 orang.

"Dari jumlah tersebut, 20 mahasiswa kami mendapat beasiswa dari LiuGong untuk training di China," ujarnya.

Dalam Final Round for National Level Technical Skill Competition, diikuti oleh 24 peserta yang telah melewati tahapan screening hingga Regional Round. 24 peserta ini dibagi menjadi 8 kelompok yang nantinya akan merebutkan juara 1, 2, dan 3.

Juara 1 dan 2 LiuGong 6th for National Level Technical Skill Competition 2023, akan mewakili Indonesia pada Global Competition di China pada tanggal 16-27 November 2023.

Pemenang Tim dipilih berdasarkan Skor dan Peringkat hasil Babak Final Tingkat Nasional dan Pemenang Tim akan mengikuti LiuGong 6th Global Technical Skills Competition 2023 di Tiongkok.

Acara ini merupakan bukti nyata dari komitmen LiuGong dalam mengembangkan sumber daya manusia berkualitas tinggi dalam dunia teknik dan mekanik, khususnya di industry konstruksi dan alat berat.

Babak Final Round LiuGong 6th for National Level Technical Skill Competition 2023 merupakan ujian praktek aktual pada Mesin LiuGong dan Komponen Utama LiuGong, ujian praktek terdiri dari Demonstrasi Pengiriman Produk (Tampilan kinerja, inspeksi mesin keliling dan demonstrasi pengoperasian Mesin), Pengukuran, Pemecahan Masalah hingga nomor bagian yang benar ditemukan dengan menggunakan Sistem EPC dan Overhaul pada Komponen Mesin, Transmisi dan Hidrolik.

Usai adu kemampuan, Team Escavator meraih juara 3 dan berhak mendapatkan medali, sertifikat dan uang tunai Rp9 juta rupiah. Untuk juara kedua diraih Team Paver dengan hadiah uang tunai Rp 15 juta dan juara 1 diduduki Team Dover yang berhak hadiah uang tunai Rp22,5 juta. Team Dover dan Paver berhak mengikuti LiuGong 6th Global Technical Skills Competition 2023 di Cina.