Gubernur Kaltara Paparkan Capaian Prestasi di Paripurna Istimewa DPRD
Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang/DOK IST

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang menyampaikan capaian kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara pada sidang Paripurna Istimewa hari ulang tahun (HUT) Kaltara.

"Seiring bertambahnya usia ini, provinsi Kaltara terus tumbuh dan berkembang, serta semakin maju dan sejahtera," kata Gubernur Zainal di hadapan para anggota DPRD Kaltara. 

Gubernur menyebutkan beberapa capaian kinerja yang telah diperoleh Pemprov Kaltara seperti kerja sama dengan pemerintah kabupaten kota.

Indeks pembangunan manusia (IPM) dari angka 71,19 pada tahun 2021 menjadi 71,83 d itahun 2022. 

"Kita harap tahun ini IPM kita kembali meningkat," ujar Zainal. 

Kemudian, pertumbuhan ekonomi pada triwulan 2 tahun 2023 angkanya 5,01 dengan angka tersebut Kaltara menjadi nomor urut 2 pertumbuhan ekonomi terbesar di Pulau Kalimantan. 

Selain itu, pada aspek pengendalian inflasi daerah pasca mengalami inflasi cukup tinggi pada September 2022 yakni 6,64 persen maka September 2023 dapat mengendalikan atau turun pada angka 2,16 persen.

"Kita patut bersyukur dan harus menjaganya sehingga persentasi penduduk miskin sejak 2021 terus mengalami penurunan," kata gubernur.

Pada periode Maret 2023 presentasinya 6,45 persen atau turun 0,32 poin di mana tahun 2022 sebesar 6,77 persen. 

"Kita juga berhasil menurunkan angka Prevalensi Stunting tahun 2022 angkanya 22,1 atau turun 5,4 poin dimana tahun 2021 sebesar 27,5 tapi kita ingin turunkan lagi menjadi 17,5 pada tahun ini," terangnya. 

Tidak hanya itu, Pemprov Kaltara juga beberapa kali telah menyabet penghargaan dari pusat di antaranya pencapaian realisasi anggaran tertinggi kedua sebesar 99,99 persen se-Indonesia pada Satuan Kerja Dekonsentrasi Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian.

Pemprov Kaltara telah meraih terbaik 3 capaian program HIB/AIDS dan PIMS 2022 oleh Kementerian Kesehatan, predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 (opini pengawasan penyelenggaraan publik) dari Kepala Perwakilan Ombudsman Kaltara, meraih UHC Awards 2023 atas capaian pemerintah daerah yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU Pemda. 

Pemprov Kaltara juga meraih APBD Award atas capaian realisasi peningkatan PAD di Tanah Air, PPKM Award kategori laboratorium dengan performa pemeriksaan Covid-19 terbaik dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kaltara meraih juara 1 SPM Awards 2023 kategori provinsi berkinerja terbaik pelaksanaan penerapan standar pelayanan minimal (SPM) 2022, raih 4 penghargaan dari Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting/ESQ Group dalam pengimplemetasian Core Values ASN Ber-Akhlak diserahkan oleh Founcer ESQ Group Ary Ginanjar kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang. 

Penghargaan "Top Pembina BUMD" diberikan kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang pada ajang Top BUMD Awards 2023, penerima anugerah merdeka belajar kategori pemerintah daerah sub kategori "Transformasi Pendidikan Vokasi" dalam rangka bulan merdeka belajar memperingati hari pendidikan nasional 2023.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dianugerahi penghargaan dari Kemendes-PDTT RI atas kontribusi dan kerja keras dalam pengembangan teknologi tepat guna desa dan WTP 9 tahun berturut-turut dari BPK.

Penghargaan dedikasi, kontribusi dan keberhasilan dalam membangun bidang pertanian yang diberikan kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang pada Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI tahun 2023, Pemprov Kaltara meraih Terbaik 2, kategori layanan mutasi kenaikan pangkat berbasis SIASN Terbaik, (terbaik 5) kategori layanan penetapan NIP/NIPPPK berbasis SIASN Terbaik, "Terbaik 2" kategori integrasi sistem CAT dan digitalisasi tata naskah terbaik dalam rangka BKN Regional VIII Award tahun 2023. 

"Tahun ini peringatan HUT Kaltara mengangkat tema Maju Bersama Kaltara Sejahtera, walau seperti kata yang sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Apalagi, gedung DPRD ini sudah bisa digunakan untuk paripurna di HUT Kaltara," pungkasnya.