BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sumut
Ilustrasi hujan lebat (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Lereng Timur, pegunungan, Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah dilansir ANTARA, Sabtu, 4 November.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, P.adang Sidempuan, Kepulauan Nias, Padang Lawas, Langkat, Dairi dan sekitarnya.

 

Malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas Ringan - Lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Labuhan batu, Asahan, Pematang Siantar, Toba, Kep. Nias dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Laut, 10 – 30 km/jam.