Pemkab Karo Pastikan Kesiapan Akomodasi Sambut Aquabike di Toba 
Ilustrasi pebalap jetski sedang beraksi (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kabupaten Karo memastikan kesiapan akomodasi untuk menyambut pagelaran balap air internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba, Sumut, 22-26 November 2023.

"Sebagai salah satu tuan rumah, penginapan sudah siap menampung pengunjung pada pagelaran Aquabike ini," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Indra Tarigan di Medan, Sumatera Utara, dilansir ANTARA, Kamis, 9 November.

Akomodasi tu terdiri dari hotel, wisma, vila, mes yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

"Penginapan di sana dapat menampung mencapai 500 orang, tapi kami tetap memberikan alternatif menginap di kawasan Kabanjahe maupun Berastagi," ucapnya.

Sebab, di dua tempat itu menurut Indra tidak jauh dari lokasi pagelaran Aquabike nantinya. Karena katanya jaraknya hanya menempuh satu jam.

"Kami optimistis wisatawan yang datang pada kejuaraan Aquabike ini bisa mencapai 2.000 orang," ucapnya.

Aquabike Jetski World Championship menjadi ajang kejuaraan balap air dunia kedua yang diselenggarakan di Danau Toba, setelah F1Powerboat World Championship pada Februari lalu.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang merupakan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung dipercaya menjadi penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023.

Perhelatan balap air tersebut akan diselenggarakan di empat kabupaten di sekitar Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba.

Kehadiran ajang ini diyakini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah, meningkatkan trafik wisatawan, sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan sayap usahanya menjadi lebih besar, termasuk bisnis hotel dan restoran.