BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Potensi Banjir di Sumut
Ilustrasi (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Minggu (19/11) dan dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah lereng barat, Pantai Barat, Lereng Timur dan Pantai Timur Sumatera Utara pada Minggu siang dan malam yang dapat mengakibatkan banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Defri Mandoza, Sabtu.

Ia mengatakan, secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Minggu pagi berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Langkat, Toba, Asahan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Kep. Nias, Paluta, labuhanbatu, Labura, Labusel, dan sekitarnya.

Sementara pada siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kep. Nias,dan sekitarnya.

Serta pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi Iluslebat dapat terjadi di wilayah Samosir, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan,Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Dini hari nerawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Kepulauam Nias, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 18 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Timur , 10 – 30 km/jam.