Pastikan 5 Mayat di Unpri Medan Kaveder, Polisi: Sudah Dipakai Sejak 2008
Ilustrasi jenazah kematian (Pixabay)3

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) memastikan lima mayat yang ditemukan di Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan merupakan kadaver.

"Saya ingin memastikan lima mayat itu adalah kadaver," ujar Kapolda Sumut Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Agung Setya Imam Effendi di Mapolda Sumut, Medan, Kamis 14 Desember, disitat Antara.

Ia mengatakan, kadaver di universitas swasta Medan tersebut untuk keperluan praktikum mahasiswa fakultas kedokteran.

"Jadi, mohon masyarakat agar paham kadaver ini sudah ada [digunakan] sejak tahun 2008 di kampus. Kita tahu itu bagian dari pembelajaran mahasiswa kedokteran," ucap Agung.

Kapolda meyakinkan setiap universitas kedokteran pasti memiliki kadaver sehingga masyarakat tidak salah paham terhadap kondisi itu.

"Tentunya kami terus bekerja sama agar bisa terselenggara pendidikan kedokteran yang memang diperlukan," kata Agung.

Kapolda menambahkan kadaver yang dimiliki kampus tersebut diperoleh secara legal dan memang digunakan untuk kepentingan pembelajaran atau praktikum mahasiswa fakultas kedokteran.

"Kami sudah datang ke kampus, telah ditunjukkan dokumennya dan hal lain yang diperlukan. Perlu digarisbawahi untuk sarana pembelajaran di kampus tersebut," ujarnya .

Sebelumnya, Kepolisian Resor Kota Besar Medan mendalami temuan mayat di kawasan parkir Unpri yang sempat viral di media sosial.

"Kami hadir di sini (kampus) untuk mencari jawaban kaitannya dengan video yang beredar selama dua hari ini," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa.