Kapolda Metro: 4.041 Personel Amankan Gereja Saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto (tengah) bersama jajaran saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (6/4/2023). ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebut 4.041 personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) dikerahkan saat Operasi Lilin Jaya dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Operasi pengamanan dilakukan 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Personel yang kamu siapkan 4.041, terdiri dari aparat pemerintah, Polri, dan TNI," ujar Karyoto kepada wartawan, Senin, 18 Desember.

Ribuan personel itu nantinya akan disiagakan di seluruh gereja yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sehingga, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam beribadah bisa terjamin.

"Itu yang menjadi salah satu concern kami tadi bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, bisa ribuan, kami sudah akan besok para kasatker, kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa," sebutnya.

Sementara perihal arus lalu lintas, Karyoto menyebut akan diberlakukan rekayasa. Namun, sifatnya situasional.

Artinya, pengalihan arus di ruas tol maupun arteri akan diterapkan apabila kondisi telah terjadi kepadatan.

"Kalo pengamanan lalu lintas ini nanti sangat situasional, misalnya dalam keadaan h-2, h-1, sudah ada kepadatan yang luar biasa mungkin kita bisa contraflow yang di jalan tol. Ini sangat situasional tergantung dari situasinya. Kalau memang lancar aja, ya biasa aja," kata Karyoto.