Ganjar Sebut Dirinya Paling Autentik Saat Ditanya Soal Gibran yang Mengikuti Safari Politiknya ke IKN
Capres RI Ganjar Pranowo di Desa Wilayu, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Bagikan:

WONOSOBO - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanggapi kunjungan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebagai langkah mengikuti perjalanan safari politik dirinya.

Menurutnya, banyak pihak yang selalu mengikuti perjalanan safari politiknya. "Ya, ada banyak orang yang selalu ikut saya," ujar Ganjar di Desa Wilayu, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dilansir dari Antara, Senin, 18 Desember. 

Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menegaskan bahwa dirinya adalah sosok pertama yang memulai safari politik ke IKN dibandingkan dengan pasangan calon presiden-wakil presiden lainnya.

"Jadi, saya masih paling autentik 'kan," tegasnya sembari tertawa.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Sabtu, 16 Desember. Hal ini merupakan kali pertama Gibran mengunjungi IKN yang dibangun oleh bapaknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini pertama kalinya saya ke IKN. Bapak Ibu, ini luar biasa sekali. Mohon doanya," kata Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.