Sopir Ojol Penderita Obesitas 230 Kg Alami Pembengkakan di Bagian Kakinya, Dokter Sebut Lymphedema
Engky, sopir ojol di Tangerang mengalami obesitas/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

TANGERANG - Sopir ojek online (ojol), Engky (33) yang mengalami obesitas hingga 230 Kilogram (Kg) juga mengalami pembengkakan tungkai di kakinya atau lymphedema. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter RSUD Kabupaten Tangerang.

“Penyakit lymphedema disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh getah bening pada kaki kirinya. Itu masih dalam tahapan pemeriksaan tim dokter,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kabupaten Tangerang, dr Muhammad Rifky saat dikonfirmasi, Selasa, 9 Januari.

Rifky menyebut untuk saat ini kondisi belum dikatakan stabil. Oleh sebab itu pihaknya melakukan pemantauan terhadap pasien.

“Pasien sadar, kondisi dalamnya belum stabil. Agar aman, dan bisa kita pantau ketat, pasien kita rawat di ICU,” katanya.

Ia menyebut untuk penanganan pasien penderita 230 Kg pihaknya menyedikan sejumlah dokter spesialis mulai dari Internis, Gizi, hingga Bedah.

“Spesialis Internis, Spesilis Gizi, Spesialis Bedah, Spesialis Intensive Care (KIC),” tutupnya.

Engky (33), sejak Senin, 8 Januari telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang. Engky dibawa oleh petugas medis menggunakan ambulans dari rumahnya di Jalan Salak 4, Desa Pesanggrahan, Solear, Kabupaten Tangerang.

Tiba di RSUD Kabupaten Tangerang, dokter melakukan pemeriksaan awal. Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kabupaten Tangerang Muhammad Rifky mengatakan bahwa kondisi Engky terbilang stabil.