Tips Cara Merawat jaket Kulit Sintetis agar Lebih Awet, Kamu Wajib Mencoba..
Ilustrasi jaket kulit sintetis (Tessa Simpson/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jaket kulit sintetis adalah jaket yang terbuat dari bahan-bahan vinyl. Materialnya diberi tekstur dan warna agar terlihat seperti kulit asli. Busana ini cukup populer di kalangan anak muda, meski begitu banyak yang belum tahu cara merawat jaket kulit sintesis yang benar.

Jaket kulit sintetis tidak boleh dicuci terlalu sering, sebab kebiasaan ini bisa membuat permukaan jaket kulit mengelupas dan retak.

Bila Anda memiliki jaket kulit di rumah, penting untuk mengetahui cara merawatnya agar lebih awet dipakai.

Lantas, bagaimana cara merawat jaket kulit yang benar? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Jaket Kulit Sintetis yang Benar

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 18 Februari 2024, berikut ini adalah cara merawat jaket kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Di atas telah disinggung bahwa jaket kulit merupakan busana berbahan vinyl. Nah, pakaian dengan bahan vinyl sebaiknya tidak dicuci di mesin cuci. Putaran mesin cuci yang cukup keras selama proses pencucian dapat merusak permukaan jaket kulit sintesis.

Akan tetapi, bila Anda tidak bisa menghindarinya, letakkan jaket kulit sintetis ke dalam kantong cucian berbahan jaring agar mendapatkan perlindungan ekstra dan kurangi kecepatan pada siklus pemerasan akhir untuk menimalkan kerusakan.

2. Jangan terlalu sering mencuci

Jaket kulit sintetis ternyata tidak boleh terlalu dicuci terlalu sering karena dapat membuat bahan-bahan jaket cepat rusak.

Jaket kulit sintetis sebagiknya dicuci saat sudah kotor saja. Jika jaket memunculkan bau atau noda setelah dipakai, inilah saatnya untuk mencucinya dengan lembut.

Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap dari jaket kulit.

Caranya cukup mudah, cukup taburkan baking soda di bagian dalam dan luar jaket. Berikutnya, letakkan di dalam kantong atau bak plastik besar yang dapat ditutup dengan rapat, dan biarkan selama 24 jam.

Setelah itu, keluarkan jaket dan bersihkan baking soda. Bersihkan sisa-sisa noda dengan kain lembut yang dibasahi air biasa. Ulangi jika masih ada bau yang tersisa.

3. Cuci dengan air hangat dan sabun cuci lembut

Sebagian besar noda atau kotoran yang menempel pada jaket kulit sintetis bisa dihilangkan dengan kain microfiber yang dibasahi dengan air hangat.

Untuk noda yang sulit dihilangkan, taruh sedikit sabun cuci yang lembut dan gosok noda secara perlahan.

Untuk menghilangkan bekas tinta atau pewarna pada jaket kulit sintetis, usap area tersebut dengan isopropil alkohol (alkohol swab).

4. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

Setelah mencuci jaket kulit sintetis, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Proses pengeringan di bawah sinar matahari bisa merusak warna jaket.

Sebagai gantinya, jemur jaket kulit di tempat yang teduh, lalu angin-anginkan agar cepat kering.

5. Simpan di tempat yang sejuk

Cara merawat jaket kulit sintetis yang terakhir yakni menyimpannya di tempat yang sejuk. Hindari meletakkan jaket yang terlipat di dalam laci yang penuh, sebab kerutan dapat timbul jika jaket diletakkan di antara pakaian lain.

Simpan juga jaket kulit sintetis dalam posisi datar di dalam lemari dan isi dengan kertas atau bahan lain untuk mempertahankan bentuknya.

Demikian informasi tentang cara merawat jaket kulit sintetis yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait