Tak Hanya Deddy Sitorus, Noel Nyaris Adu Jotos dengan Novel Bamukmin dan Pernah Ditegur 'Jaga Perkataan'
Tangkapan layar Youtube tvOne Digital

Bagikan:

JAKARTA - Nama politikus Gerindra Immanuel Ebenezer alias Noel trending usai potongan video nyaris adu jotos dengan politikus PDIP Deddy Sitorus tersebar di media sosial, X. Rupanya, perangai saling tunjuk hingga nyaris adu jotos ini bukan perdana terjadi. 

Jauh sebelum ini, Noel pernah saling tunjuk dengan Novel Chaidir Hasan Bamukmin alias Novel Bamukmin, salah satu elite dari Persaudaraan Alumni 212 pada 2019 lalu. Kala itu Noel merupakan Ketua Umum Ahok Mania. 

Ia diadukan ke polisi karena diduga melakukan penistaan agama dan mengatakan 212 wisatawan penghamba uang. Di tengah perdebatan panas dengan Novel, Noel mengangkat tangannya dan menunjuk ke wajah Novel. 

Ia bersikeras bahwa dirinya tak melakukan penistaan agama dengan mengatakan bahwa 212 'Tuhannya adalah uang.' Noel menyebut, Novel salah karena dirinya tak pernah menyebut 'Tuhannya adalah uang' melainkan 'Tuan.'

Novel menjawabnya santai. Ia bilang, silakan membuka kembali video viral di mana Noel menyebut Kelompok 212 merupakan penghamba uang, Tuhannya adalah uang.

Saling tunjuk Noel vs Novel yang nyaris adu jotos ini kemudian dipisahkan oleh host TV. Selain Novel, Noel juga pernah ditegur oleh pembawa acara di TvOne karena menyebut "Orang-orang tolol kayak Partai Demokrat ini memuakan lama-lama."

Saat itu, Noel tengah berdebat dengan salah satu politikus Demokrat mengenai cat pesawat kepresidenan yang berwana merah putih. Saat mengeluarkan pernyataan 'Orang tolol' ini, Noel lalu ditegur. 

"Perkataannya tolong dijaga Bang Immanuel," tegus si host. 

"Gak apa-apa. Tolol sekali, sangat tidak substansial," balas Noel.