Gelar Paripurna Penutupan Masa Sidang, DPR Kembali Reses hingga 13 Mei
Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat paripurna ke-15 masa persidangan 2023-2024, Kamis 4 April (Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - DPR RI menggelar rapat paripurna ke-15 masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 hari ini, Kamis, 4 April. Dengan adanya rapat paripurna penutupan masa sidang ini, maka mulai besok anggota dewan akan menjalani masa reses di daerah pemilihan (dapil) masing-masing hingga Senin, 13 Mei.

Ketua DPR Puan Maharani selaku pimpinan rapat mulanya menyampaikan rasa simpati yang mendalam untuk para korban terdampak bencana gempa dibeberapa wilayah di Jawa Timur dan para korban bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di tanah air.

"Pemerintah dan para pemangku kepentingan harus selalu siaga dan memitigasi dampak bencana alam akibat cuaca ekstrim," ujar Puan mengawali sambutannya di ruang rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 April.

Puan juga menyinggung soal tantangan ekonomi global, pelaksanaan dan sengketa pemilu, hingga capaian-capaian DPR selama masa sidang ini berlangsung.

"DPR melalui AKD telah melaksanakan fungsi pengawasan melalui berbagai rapat yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh rakyat, antara lain, kenaikan harga bahan makanan pokok dan memastikan ketersediaan distribusi pangan tetap terjaga selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Mitigasi resiko terhadap kenaikan dan kelangkaan harga bahan pangan, pengamanan stok BBM selama Ramadan dan menjelang mudik Lebaran 2024, kesiapan pemerintah dalam menghadapi arus mudik dan arus balik serta memastikan seluruh rangkaian momen Lebaran 2024 berjalan aman dan terkendali," jelas Puan.

Kemudian, lanjut Puan, terkait pula persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024, penanganan kasus DBD dan upaya pencegahan serta pengendalian penularannya agar dilakukan secara integratif.

Dalam rapat paripurna kali ini, DPR juga menyetujui tujuh nama calon anggota LPSK yang sebelumnya sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

"Selama masa persidangan IV, DPR juga telah melaksanakan fit and proper test terhadap calon anggota LPSK masa jabatan 2024-2029 dan calon kantor akuntan publik pemeriksa laporan keuangan BPK RI 2023," ucap Puan.

Puan lantas mengumumkan bahwa DPR RI akan memasuki masa reses mulai besok, Jumat, 5 April hingga Senin, 13 Mei mendatang. DPR, akan kembali bersidang pada Selasa, 14 Mei.

"Atas nama pimpinan DPR RI, saya mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai tanggal 5 April sampai dengan tanggal 13 Mei 2024 DPR RI memasuki masa reses masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024. Selamat memasuki masa reses dan menyapa rakyat," kata Puan.

"Kami juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari raya Idulfitri mohon maaf lahir batin," tutup Puan.