BMKG Wanti-wanti Warga Sumut di Pegunungan Waspada Hujan Lebat Berpotensi Longsor
Ilustrasi hujan lebat diiringi petir. (Unsplash-Alex Dukhanov)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada hujan lebat di kawasan pegunungan wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi tinggi menimbulkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo mengatakan, dalam dua hari ke depan sebagian wilayah Sumut masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di kawasan pegunungan pegunungan, Lereng Barat dan Lereng Timur Sumut disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya.

"Kondisi tersebut harus diwaspadai, khususnya bagi warga yang tinggal di daerah yang diguyur hujan lebat," katanya, Jumat 19 April, disitat Antara.

terkait kondisi cuaca secara umum dalam dua hari ke depan pada pagi hari berpeluang hujan ringan di wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan dan sekitarnya.

​Siang sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

Hujan lebat berpotensi terjadi di Samosir, Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Langkat, Asahan, Dairi, Simalungun,, sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Medan Deli Serdang dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias Selatan dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 16–32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60– 97 persen dan angin berhembus dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 10–30 km/jam.