Temukan 2 Bunga Rafflesia di CA Batang Palupuh Agam Sumbar, BKSDA: Mekar Beberapa Hari Lagi
Petugas Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumbar sedang mengukur knop bunga rafflesia, Kamis (25/4/2024). Antara/ HO-BKSDA Sumbar.

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak dua individu bunga Rafflesia jenis Arnoldii bakal mekar sempurna dalam beberapa minggu ke depan di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Rusdiyan P Ritonga mengatakan, dua individu bunga Rafflesia itu bakal mekar dua sampai tiga minggu ke depan, karena knop sudah berwarna merah marun.

"Bunga Rafflesia itu bakal mekar sempurna dengan jarak beberapa hari," katanya di Lubuk Basung, Sumbar, Kamis 25 April, disitat Antara.  

Ia mengatakan bunga Rafflesia tersebut berada di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dengan jarak beberapa meter dengan individu lainnya.

Knop bunga Rafflesia tersebut berdiameter 52 sentimeter dan 42 centimeter. "Berkemungkinan satu knop bakal mekar dengan diameter cukup besar nantinya," kata Rusdiyan.

Ia mengatakan Cagar Alam Batang Palupuh merupakan habitat bunga langka dan dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Dengan dasar itu, lanjut dia, daerah dengan luas 3,4 hektare ditetapkan sebagai cagar alam oleh Pemerintah Belanda lewat Gubernur Besluit Nomor 3 STBL Nomor 402 pada 14 November 1930.

Selain bunga Rafflesia, lanjut dia, juga ditemukan knop bunga Rhizanthes lowii sebanyak sembilan individu, dan sudah melalui proses mekar sempurna enam individu.

"Ini berdasarkan pendataan yang dilakukan saat patroli di kawasan tersebut," kata Rusdiyan.