Presiden Xi Jinping: Planet Ini Cukup Besar untuk Mengakomodasi Pembangunan Bersama dan Kemakmuran China-AS
Menlu Blinken bersama Presiden Xi Jinping. (Sumber: Xinhua/Huang Jingwen)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Xi Jinping berharap Amerika Serikat dapat melihat perkembangan China dari sudut pandang positif, mengatakan kedua negara seharusnya menjadi mitra dan tidak saling menyakiti, saat menerima Menteri Luar Negeri Antony Blinken di Great Hall of the People, Beijing, Hari Jumat.

Presiden Xi mengatakan, hubungan diplomatik Amerika Serikat dan China tahun ini memasuki 45 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, lanjutnya, hubungan tersebut telah melewati masa-masa sulit, dan terdapat sejumlah inspirasi penting yang dapat ditawarkan.

Dikatakan olehnya, China senang melihat Amerika Serikat yang percaya diri, terbuka, makmur, dan berkembang, dan berharap Amerika Serikat juga dapat melihat perkembangan China dari sisi yang positif.

"Ini adalah masalah mendasar yang harus diatasi, seperti kancing pertama kemeja yang harus dirapikan, agar hubungan Tiongkok-AS benar-benar stabil, membaik, dan bergerak maju," kata Presiden Xi, melansir Xinhua 26 April.

Lebih jauh Presiden Xi mengatakan, China dan Amerika Serikat harus menjadi mitra dan bukan rival; saling membantu satu sama lain untuk mencapai kesuksesan, bukan saling menyakiti; mencari titik temu dan menyimpan perbedaan, bukan terlibat dalam persaingan yang kejam; dan menghargai kata-kata dengan tindakan, bukan mengatakan satu hal tetapi melakukan hal yang sebaliknya.

"Saya mengusulkan saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan sebagai tiga prinsip utama. Keduanya merupakan pelajaran dari masa lalu dan panduan untuk masa depan," terang Presiden Xi.

Saat ini, lanjutnya, transformasi yang belum pernah terjadi dalam satu abad terakhir sedang berlangsung dengan cara yang mendalam, dan situasi internasional berubah-ubah dan bergejolak.

Ini adalah keinginan bersama dari kedua negara dan komunitas internasional untuk melihat China dan Amerika Serikat memperkuat dialog, mengelola perbedaan, dan memajukan kerja sama, kata Presiden Xi.

"Saya telah mengatakan berkali-kali bahwa planet ini cukup besar untuk mengakomodasi pembangunan bersama dan kemakmuran masing-masing Tiongkok dan Amerika Serikat," ungkap Presiden Xi.

Presiden Xi mengenang pertemuannya dengan Presiden AS Joe Biden di San Francisco tahun lalu, ketika mereka meluncurkan visi San Francisco yang berorientasi pada masa depan.

Dikatakannya, dalam beberapa bulan terakhir, kedua tim telah bertindak berdasarkan pemahaman bersama dari kedua kepala negara, menjaga komunikasi di berbagai bidang dan membuat beberapa kemajuan yang baik.

"Namun masih ada beberapa isu yang harus ditangani yang memerlukan upaya lebih lanjut. Kunjungan Anda kali ini telah disepakati antara Presiden Biden dan saya dalam pembicaraan telepon kami beberapa minggu yang lalu. Saya harap kunjungan Anda kali ini akan produktif," tandasnya.