Dukung Hak atas Air Bersih, UNICEF Sebut Tema yang Diangkat WWF Bali 2024 Sejalan
Ilustrasi BPBD menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kemarau. (ANTARA-Seno)

Bagikan:

JAKARTA - Dana Anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) menyebut tema "Air untuk Kemakmuran Bersama" yang diusung Indonesia di Forum Air Sedunia atau World Water Forum (WWF) Bali 2024 sejalan dengan tujuan mereka.

"Tema 'Air untuk Kemakmuran Bersama' sejalan dengan tujuan UNICEF," kata Spesialis WASH/Water, Hygiene, and Sanitation UNICEF Indonesia, Salathiel Nali di Jakarta, Kamis 2 Mei, disitat Antara.

Dia mengatakan, tema tersebut sejalan dengan tujuan UNICEF yang tercakup dalam beberapa fokus, antara lain fokus dalam kebutuhan anak-anak.

Terkait fokus tersebut, Nali menekankan tema kesejahteraan bersama telah sejalan dengan tujuan UNICEF untuk memastikan bahwa semua anak memiliki akses untuk memperoleh kebutuhan dasar, termasuk air bersih.

Pada fokus lain UNICEF terkait kelangkaan air dan kesehatan anak, mereka mengatakan banyaknya anak-anak yang tinggal di daerah yang kekurangan air mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan mereka.

Untuk itu, fokus pada kesejahteraan bersama atas sumber daya air akan secara langsung mengatasi permasalahan tersebut.

Selanjutnya, Nali juga menyebutkan tema WWF ke-10 tersebut sesuai dengan fokus UNICEF dalam isu perubahan iklim dan air. Terkait hal itu, dia mengatakan ada hubungan antara perubahan iklim dan berkurangnya pasokan air, yang merupakan ancaman utama terhadap kesejahteraan anak-anak.

Untuk itu, Nali bilang menemukan solusi untuk kesejahteraan air bersama akan menjadi hal yang sangat penting di dalam dunia yang mengalami perubahan iklim.

Selain itu, Nali juga menyatakan tema WWF tahun ini sejalan dengan fokus UNICEF pada isu air sebagai suatu bagian dari hak atas air bersih.

Dia menegaskan, UNICEF sangat mendukung hak atas air bersih dan sanitasi. Sementara, tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama” mempromosikan akses yang adil terhadap air. Untuk itu, ia menilai tema tersebut selaras dengan prinsip inti itu.

Selain mengangkat tema "Water for Shared Prosperity", WWF ke-10 akan fokus membahas empat hal, antara lain tentang konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Adapun penyelenggaraan Forum Air Sedunia ke-10 tersebut akan dilakukan di Bali pada 18-25 Mei 2024.