Cak Imin Masih Buka Pintu Anies Baswedan Daftar Cagub DKI dari PKB
Anies Baswedan dan Cak Imin (DOK Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut pihaknya masih membuka ruang bagi Anies Baswedan jika ingin mendaftar sebagai calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

Cak Imin mengaku, sampai saat ini mantan pasangan capresnya di Pilpres 2024 itu belum mengungkapkan keinginannya untuk kembali maju di Pilgub DKI kepada PKB.

Hal ini disampaikan Cak Imin di sela acara penjaringan bakal calon kepala daerah sesi Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

"(Anies) Belum (mendaftar). Memang kita buka sampai di hari akhir pendaftaran," kata Cak Imin di Jakarta, Kamis, 2 Mei.

Di satu sisi, PKB telah menyiapkan kader partainya, yakni Ida Fauziyah yang kini menjabat Menteri Ketenagakerjaan untuk diusung di Pilgub DKI. Hanya saja, PKB masih membutuhkan partai lain untuk berkoalisi mencalonkan Ida menjadi calon DKI 1.

"Kita realistis. Tapi kalau bisa bangun koalisi, dilihat dengan ketokohannya seperti Mbak Ida, kalau bisa bikin poros, ya kita akan dorong untuk gubernur. Karena memang Pilkada ini punya konfigurasi yang tidak bisa ditebak," ucap Wasekjen PKB Syaiful Huda.

Beberapa waktu lalu, Anies Baswedan ditanya soal peluang bagi dirinya untuk kembali maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Menjawab hal tersebut, Anies malah berkelakar.

Awalnya, Anies mengaku masih ingin rehat sejenak dan belum memikirkan langkah lanjutan dalam berpolitik, termasuk pencalonan sebagai kepala daerah.

"Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar. Jeda, menata dulu, menutup buku," kata Anies usai acara pembubaran Timnas AMIN di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30 April.

Mendengar hal tersebut, Muhaimin Iskandar yang berada di sampingnya merasa terpancing untuk melanjutkan pertanyaan yang sebelumnya diajukan awak media.

Cak Imin langsung "menembak" dengan bertanya kapan Anies akan mengumumkan langkah politik ke depan.

"Bulan apa pengumuman?" ungkap Cak Imin disambut gelak tawa.

Anies pun menjawab pertanyaan Cak Imin dengan berkelakar. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta Cak Imin salat istikharah agar bisa mendapatkan petunjuk.

"Biasanya Gus Imin tuh istikharahnya mantap. Kita nunggu istikharah Gus Imin dulu," jawab Anies ikut tertawa.