Cecar KPK 14 Bulan Belum Menangkap Harun Masiku, Legislator PAN: Apa Masih Hidup?
Gedung KPK (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PAN Syarifudin Suding mempertanyakan keberadaan buronan, Harun Masiku yang hingga saat ini belum berhasil ditangkap KPK dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Maret.

Suding sebelumnya menyinggung megaskandal Asabri yang ditaksir merugikan negara lebih dari Rp23 triliun, juga terkait korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

"Pelaku hampir sama, apakah sudah dilakukan koordinasi dan supervisi karena kerugian negara cukup besar disitu. Ada dugaan kuat perusahaan besar tapi belum direspon maksimal. Maka saya ingatkan soal supervisi," tanya Suding.

Suding lantas mempertanyakan kembali pelaku korupsi yang masih menjadi buruan KPK dan sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). Salah satunya Harun Masiku.

"Masih ada 7 DPO, 3 Orang sudah ditangkap dari 10 DPO. Menurut dugaan KPK, HM (Harun Masiku.red) masih ada NKRI? masih hidup atau dimana pak?," ucap Suding.

Suding juga mempertanyakan alasan KPK mengapa hingga hari ini belum mampu menangkap politisi PDIP yang sudah 14 bulan buron itu.

"Latar belakang HM ini kita tahu lah. Apakah ada kekuatan besar dibelakangnya?," katanya.

Selain Suding, anggota Fraksi PKS Adang Darajatun juga mempertanyakan soal keberadaan dan kelanjutan proses hukum politisi PDIP, Harun Masiku.

"Mohon dijelaskan ini Pak (Firli.red)," kata Adang singkat.

Diketahui, KPK telah menangkap buronan terkait kasus suap gratifikasi eks sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi, Hiendra Soenjoto, di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Dengan tertangkapnya Hiendra Soenjoto kini tersisa lima orang DPO KPK yang masih berkeliaran. Yakni tersangka kasus BLBI pasangan suami istri Sjamsul dan Itjih Nursalim, tersangka kasus gratifikasi bersama Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Izil Azhar.

Tersangka kasus dugaan suap terkait kontrak Perjanjian Karya Poo Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) di Kementerian ESDM, Samin Tan, serta mantan caleg PDIP Perjuangan Harun Masiku.

Harun Masiku menjadi buronan terlama dari kelima daftar DPO KPK. Tersangka kasus suap pergantian antar waktu (PAW) DPR, hingga saat ini belum tertangkap sejak ditetapkan sebagai DPO.