Aulia Rachman Dampingi Istri Bobby Nasution Kahiyang Ayu Gerakkan PKK Medan Berkembang
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman bersama Kahiyang Ayu (DOK Aulia Rachman)

Bagikan:

MEDAN - Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mendampingi istri Wali Kota Bobby Nasution, Kahiyang Ayu. Aulia Rachman dan Kahiyang Ayu memotivasi anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bergerak menggencarkan pertumbuhan produk UMKM lokal Medan. 

“Pertumbuhan grafik UMKM Kota Medan harus bergerak meningkat, agar perputaran perekonomian masyarakat berjalan dengan baik,” kata Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Jumat, 9 April.

Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Kota Medan yang bertema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju, Pemko Medan ingin membantu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung setahun lamanya.

Menurut Aulia Rachman, hadirnya TP PKK Kota Medan harus memberi manfaat bagi masyarakat kota Medan. PKK menurutnya harus mampu merangkul seluruh masyarakat khususnya pelaku UMKM lokal agar dapat tumbuh dan berkembang.

“Mengingat program Bapak Wali Kota dalam membangun sentra wirausaha di setiap kelurahan yang ada di Kota Medan. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan pelaku UMKM bisa terserap dan dipasarkan,” sambung Aulia Rachman.

Caranya membangkitkan kembali gairah ekonomi dengan membangun sentra wirausaha. Tujuannya produk-produk yang dihasilkan dapat kita gunakan seperti makan dan minum di Pemko Medan dapat menggunakan produk UMKM asli Kota Medan.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman (DOK pribadi)

Inginnya Kahiyang Ayu

Istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kahiyang Ayu pernah mengingatkan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mendukung program UMKM. Satu kelurahan, satu sentra usaha.

"Saya minta seluruh anggota dan kader PKK Kota Medan untuk mendukung, dan ikut merealisasikan program Pemkot Medan di UMKM, yakni satu kelurahan satu sentra usaha," ujar Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu usai meninjau usaha kerajinan rotan dan pembuatan kerupuk jangek, Selasa, 23 Maret.

Kahiyang Ayu mengingatkan agar upaya pengembangan dan promosi produk UMKM dioptimalkan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat bisa ikut meningkat. 

Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berharap agar pihak kecamatan maupun kelurahan dapat bersama-sama dengan TP PKK dapat mengembangkan UMKM.

Dengan kolaborasi yang baik, lanjut Kahiyang, maka program satu kelurahan satu sentra usaha akan berjalan dengan baik.

"Produk UMKM yang ada di kelurahan, juga dapat dipajangkan di gerai kantor PKK Kota Medan. Hal ini agar lebih memperkenalkan produk UMKM dari seluruh kelurahan di Kota Medan kepada masyarakat," ujar Kahiyang Ayu.

Bobby Nasution-Aulia Rachman memang pernah berjanji membangun program Medan Sakasanwira alias Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan. Gagasan ini diusung dengan menyiapkan pengelolaan, manajemen dan pusat pemasaran di setiap kelurahan.

Ada pula insentif untuk UMKM, ekonomi kreatif dan komunitas kreatif. Bobby Nasution juga ingin menghadirkan Kolabin.id sebagai wadah pengembangan dan pemasaran UMKM.

“Kami bersama-sama berkolaborasi membangun Kota Medan dengan meningkatkan potensi lokal masyarakat. Agar tercipta lapangan kerja, iklim kewirausahaan yang sehat hingga meningkatnya kualitas sumber daya manusia,” ujar Bobby pada Oktober 2020 kala Pilkada.