Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Pasar Aksara Medan Selesai Akhir Tahun
Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti (depan) disampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika meninjau Pasar Aksara Medan di Deli Serdang, Rabu (19/5/2021). (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan jika pembangunan Pasar Aksara Medan berlantai tiga yang dapat menampung hampir 900 pedagang ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

Nilai Proyek Pasar Aksara Medan Rp94 Miliar

"Nilai proyek-nya sekitar Rp94 miliar, dan pengerjaan 'multi years' (tahun jamak). Pembangunannya dilakukan sejak 2020 hingga 2021. Ditargetkan Desember tahun ini, Insya Allah selesai," jelas Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti dilansir dari Antara, Kamis, 20 Mei.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution dan pimpinan OPD yang meninjau pembangunan Pasar Aksara Medan di Jalan Mesjid, Desa Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Diana menegaskan, progres pembangunan pasar hingga kini telah mencapai 50 persen dan sesuai Perpres No. 64/2014 merupakan milik Pemkot Medan, namun lokasinya berada di kawasan Deli Serdang.

"Pasar Aksara ini, nanti menjadi 'green building'. Untuk itu, pasar ini harus dijaga agar pelaksanaan dan operasional-nya tetap 'green building'," jelas Diana.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengharapkan usai pembangunan pasar yang sanggup menampung 859 pedagang agar direlokasi dari Pasar Aksara lama di Jalan HM Yamin yang menampung 819 pedagang.

"Jadi, masih ada sisa untuk menampung pedagang lainnya. Apabila ada penambahan pedagang, tentu kita prioritaskan pedagang lama," tutur menantu Presiden Joko Widodo tersebut.

Selain pembangunan Pasar Aksara Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!