Telusuri Asal-usul COVID-19, Presiden Joe Biden Kerahkan Intelijen
Presiden Joe Biden. (Wikimedia Commons/Gage Skidmore)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memerintahkan pembantunya untuk menentukan asal usul virus yang menyebabkan COVID-19, mengatakan pada Hari Rabu waktu setempat dengan badan intelijen Amerika Serikat menelusuri teori penyebab yang paling berpotensi.

Badan-badan intelijen sedang mempertimbangkan dua skenario yang mungkin, tetapi masih kurang percaya diri dalam kesimpulan mereka dan dengan hangat memperdebatkan mana yang lebih mungkin, kata Joe Biden.

Kesimpulan itu dirinci dalam sebuah laporan kepada Joe Biden, yang meminta timnya pada Maret untuk merinci apakah novel coronavirus muncul dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi, atau dari kecelakaan laboratorium menurut pernyataan tertulisnya, melansir Reuters Kamis 27 Mei.

Pengungkapan publik Presiden Biden yang tidak biasa tentang penilaian intelijen Amerika Serikat yang rahasia dan tidak meyakinkan, mengungkapkan perdebatan yang berkecamuk dalam pemerintahannya tentang dari mana virus corona baru berasal.

Ini juga memberikan kepercayaan pada teori bahwa virus mungkin muncul dari laboratorium penelitian China, bukan dari alam.

Pandemi COVID-19 telah menewaskan lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia. Asal usul virus masih diperdebatkan di antara para ahli. Kasus pertama yang diketahui muncul di Kota Wuhan, China tengah pada Desember 2019.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada Bulan Maret dan ditulis bersama dengan para ilmuwan China, tim yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menghabiskan empat minggu di dan sekitar Wuhan pada Januari dan Februari lalu.

Tim mengatakan virus tersebut mungkin telah ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain. Sementara, dugaan virus berasal dari insiden laboratorium dianggap sebagai jalur yang sangat tidak mungkin.

Rasa frustrasi Washington telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, atas apa yang dipandangnya sebagai kerja sama yang tidak memadai dari China dalam penyelidikan internasional.

"Saya sekarang telah meminta komunitas intelijen untuk melipatgandakan upaya mereka, guna mengumpulkan dan menganalisis informasi yang dapat membawa kita lebih dekat ke kesimpulan yang pasti, dan untuk melaporkan kembali kepada saya dalam 90 hari," terang Presiden Biden.

"Sebagai bagian dari laporan itu, saya telah meminta area penyelidikan lebih lanjut yang mungkin diperlukan, termasuk pertanyaan khusus untuk China," sambungnya.

Badan-badan Amerika Serikat telah mengejar asal-usul COVID-19 sejak pemerintah pertama kali mengenali virus itu sebagai risiko kesehatan yang serius pada awal 2020.

Awal pekan ini, sumber-sumber pemerintah AS mengatakan laporan intelijen Amerika Serikat yang masih dirahasiakan beredar selama pemerintahan mantan Presiden Donald Trump, menuduh tiga peneliti di Institut Virologi Wuhan China menjadi sangat sakit pada November 2019 sehingga mereka mencari perawatan di rumah sakit.

Sumber intelijen awal ini atau seberapa andal penilaian lembaga itu tidak diketahui. Masih belum jelas apakah peneliti yang terkena dirawat di rumah sakit atau apa gejala mereka, kata salah satu sumber.

Sementara, Komite intelijen dari Senat AS dan Dewan Perwakilan Rakyat sedang menyelidiki bagaimana badan-badan AS telah melaporkan dan mengumpulkan informasi tentang asal-usul COVID-19, bagaimana penyebarannya dan bagaimana pemerintah menanggapinya.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh komite intelijen DPR dari Partai Republik awal bulan ini berfokus pada Institut Virologi Wuhan. Laporan itu menegaskan, bukti tidak langsung yang signifikan menimbulkan kekhawatiran serius.

Wabah COVID-19 disebut mungkin merupakan kebocoran dari institut tersebut, menunjukkan laboratorium Wuhan terlibat dalam penelitian senjata biologis, dengan Beijing  berusaha untuk menutupi asal virus.

Kemarin, Direktur Darurat WHO Mike Ryan direktur darurat WHO Mike Ryan mengatakan, mereka berharap untuk memberikan pembaruan tentang langkah-langkah yang mereka usulkan selanjutnya dalam beberapa minggu mendatang terkait asal-usul virus.

Sementara, Delegasi China untuk WHO pada Hari Selasa menyerukan semua pihak untuk mengadopsi sikap terbuka dan transparan, guna bekerja sama dengan upaya WHO untuk melacak asal virus.

lab wuhan
Institut Virologi Wuhan. (Wikimedia Commons/Ureem2805)