Siapakan Calon Panglima TNI Paling Kuat? Jenderal Andika Perkasa?
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Nama Jenderal Andika Perkasa kini dinilai paling berpeluang untuk menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon mengungkapkan jika Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut adalah pilihan paling tepat jika melihat kebutuhan TNI yang sangat mendesak untuk saat ini.

Meskipun demikian, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memiliki peluang yang sama.

Menghitung Peluang Jenderal Andika Perkasa Menjadi Panglima TNI

"Jadi sebenarnya tidak ada istilah jatah, karena di situ kan dapat atau bisa bergiliran. Tapi kalau melihat dari kebutuhan TNI, yang sangat mendesak di mana kita ingin konsolidasi kekuatan, itu memang dari 3 kepala staf yang memang sangat berpeluang. Tapi yang punya kemampuan mumpuni ya Jenderal Andika Perkasa, pak KSAD sekarang," ujar Effendi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni.

Namun, lanjutnya, walaupun semua kepala staf tersebut memenuhi persyaratan untuk menjadi panglima, keputusan politik tetap dari Presiden Joko Widodo.

"Jadi kita lihat, sepertinya bulan Juli ini akan ada pergantian," kata Effendi.

Politikus PDIP itu menyebutkan Komisi I DPR secara bulat  menyetujui Andika Perkasa mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI di DPR.

"Iya (menyetujui). Kalau Pak Andika jadi Panglima TNI," tegas Effendi.

"Kadang kita seloroh juga kalau jenderal jadi panglima TNI lihat alokasi anggaran kecil banget," sambungnya.

Namun menurut Effendi Simbolon, keputusan tetap berada di Presiden Jokowi sebagai panglima tertinggi. Meskipun pihaknya melihat Andika paling berpeluang.

"Saya melihat peluangnya, tapi kembali lagi apakah Presiden Jokowi berkenan kepada sosok Jenderal Andika untuk waktu dekat ini menjadi Panglima TNI? Kalau berkenan maka prosesnya ada kurang dari 2 tahun, masih banyak hal pembenahan di tubuh TNI sendiri," tuturnya.

Selain itu, yang menyinggung persetujuan tersebut hanya sikap Fraksi PDIP atau sudah seluruhnya di Komisi I DPR, Effendi tak menjelaskan gamblang.

"Sikap ya lihat-lihat di pasar lah, liat-liat seperti itulah. Tapi kembali lagi ke yang punya prerogatif lah kan presiden. Presidennya berkenan dengan Pak Andika ya jadi, kalau berkenan Pak Yudo ya jadi, itu mau yang lebih muda lagi ya monggo," jelasnya.

"Kalau di TNI enggak akan jadi masalah, tidak akan terjadi polarisasi, mereka umumnya yang bintang 3 ke atas udah mapan dari sisi mentalnya," kata Effendi menambahkan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Politikus PDIP Effendi Simbolon Sebut Panglima TNI Diganti Bulan Juli, Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat.

Selain Calon Panglima TNI Paling Kuat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!