Positif COVID-19, Deddy Mizwar Sampaikan Pesan kepada Perkembangan Film Indonesia
Deddy Mizwar

Bagikan:

MEDAN - Terkonfirmasi positif  COVID-19, tak membuat Deddy Mizwar kehilangan semangat. Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) itu masih bisa meramaikan launching Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2021, pada Rabu, 7 Juli kemarin.

Acara yang diselenggarakan secara virtual itu memudahkannya untuk tetap bisa bisa beraktivitas. Hal itu membuat Deddy merasa bahagia saat melawan virus dengan cara isolasi mandiri.

BACA JUGA:


Deddy Mizwar: Serta harus ada kritik film di situ

"Karenanya saya ikut daring ini dan mendukung sepenuhnya FFWI. Meski ini (Festival Film yang diinisiasi wartawan) bukan hal yang baru. Karena sejarahnya sangat panjang sekali. FFWI menjadi penting dalam ekosistem perfilman Indonesia, karena kita perlu banyak festival film di Indonesia. Karenanya FFWI menjadi sangat penting sekali," kata Deddy Mizwar.

Dia menambahkan, yang diperlukan FFWI bukan hanya sekedar memilih dan memilah film Indonesia yang berkualitas. "Tapi harus ada kajian peningkatan kualitas (itu sendiri). Serta harus ada kritik film di situ," katanya.

Yang paling utama dari FFWI, yang mendapatkan sokongan penuh dari Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru (PMMB) Kemendikbud Ristek RI, menurut Deddy Mizwar, akan meningkatkan nilai-nilai apresiasi terhadap perfilman Indonesia.

"Karena kalau wartawan yang menggelar (Festival Film), gaungnya otomatis lebih luas. Dan dengan sendirinya meningkatkan apresiasi terhadap perfilman Indonesia dari masyarakat," pungkasnya.

Hal senada sebelumnya diutarakan Sekretaris Jenderal PPFI, Zairin Zain.   Selain menyambut dengan sangat gembira gelaran FFWI yang akan berpuncak pada tanggal 28 Oktober 2021. Serta sistem penjuriannya melibatkan seluruh wartawan film di Indonesia, Zairin menilai adanya FFWI akan memperkaya dan memberikan alternatif festival film yang sudah ada di Indonesia.

"Intinya, dengan penyelenggaranya wartawan, juga jurinya, dipastikan akan menjadi bagus dan menarik. Karena ada perspektif lain. Karena kita para pekerja film butuh perspektif lain.  Dengan bukan hanya menilai kualitas (filmnya), tapi juga memberikan (timbangan) mutu. Karena itu PPFI memberikan dukungan penuh," tekan Zairin Zain.

FFWI yang akan menilai kurang lebih 30 judul film dan 50 film  yang tayang secara over the top (OTT), dengan genre  drama, komedi dan horror, masing-masing terdiri dari sembilan kategori, juga mendapat dukungan moral dan finansial dari Direktorat PMBB Kemendikbud Ristek RI.

"Kami juga berharap, FFWI akan berlanjut di tahun depan. Dengan mengajak sejumlah institusi lain, atau semua pihak. Supaya FFWI menjadi milik bersama," kata Ahmad Mahendra, Direktur PMMB Kemendikbud Ristek RI.

Sejumlah penggiat dan pekerja film seperti Anggi Umbara, Rudi Sudjarwo, Niniek L Karim, Awi Suryadi, Putri Ayudya dan sejumlah nama lainnya, juga memberikan dukungan total atas gelaran FFWI, via rekaman video yang dikirimkan ke panitia.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Isolasi Mandiri dengan Bahagia, Deddy Mizwar Sempatkan Beri Dukungan pada FFWI

Selain pesan Deddy Mizwar, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait