PKS: Target PPKM Darurat Kandas Digapai
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Foto: Twitter @mardanialisera)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut keputusan pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga 25 Juli serta mengubah istilah menjadi PPKM Level 3-4 justru menyisakan 'lubang besar'. Sebab, berbagai indikator target kandas digapai.

 

Mardani menilai banyak target yang belum tercapai dalam PPKM Darurat, seperti target penurunan mobilitas sebesar 30 persen hanya tercapai masih 20 persen. Lalu tracing dari 15 orang per satu kasus positif atau 300 ribu kontak yang ditargetkan. 

 

"Sejauh ini baru bisa melakukan tracing sebanyak 250 ribu kontak. Begitu juga dengan target positivity rate yang ditargetkan di bawah 10 persen, saat ini baru mencapai 30 persen," ujar Mardani, Jumat, 23 Juli.

Padahal, kata dia, Pemerintah terus diingatkan bahwa testing, tracing dan treatment merupakan kunci utama mengendalikan pandemi. 

"Sebanyak apa pun kapasitas/SDM yang digelontorkan untuk mengatasi pandemi, akan kalah cepat dengan kecepatan virus ini. Tidak bisa ditawar, sumber penularan mesti segera ditemukan agar rantai infeksi bisa diputus dengan tracing serta treatment," jelasnya.

Dikatakan Mardani, upaya pemerintah juga gagal lantaran masih banyak rumah sakit yang menutup ruang IGD karena tak kuasa menampung pasien. Jumlah tenaga kesehatan juga kian berkurang karena terjangkit COVID-19.

"Bahkan tidak sedikit yang meninggal. Dengan testing yang agresif, pemerintah dapat mengurangi beban fasilitas kesehatan yang mulai kolaps," ungkapnya.

Selain itu, ada masalah interaksi antara petugas dan masyarakat. Menurut Mardani, kasus kekerasan yang terjadi saat penertiban pemberlakukan PPKM Darurat, harus menjadi pelajaran bagi pemerintah. 

"Di masa perpanjangan jangan sampai terulang.  Masyarakat sudah merasakan dampaknya, ini mesti jadi pelajaran mahal para menteri, khususnya Mendagri," katanya.

Mardani menyebut, Kemendagri dibawah komando Titi Karnavian termasuk telat dalam memberikan arahan. Sebab, baru membuat edaran untuk Satpol PP, padahal ketika itu periode PPKM Darurat sudah mau habis. 

"Artinya tidak sedia payung sebelum hujan. Pemberian otoritas/peluang bagi Satpol PP untuk terlibat dlm penegakan PPKM mestinya sudah diprediksi dan jangan salahkan anak buah, pemimpin yang salah. Semua perlu persiapan dan manajemen yang baik," jelasnya.

Mardani juga menilai, Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan adalah jembatan banyak aktor kepentingan saat kondisi COVID-19 mengganas. Tentu, kata dia, ada kesulitan menengahi kebijakan yang disenangi semua pihak. 

 

"Tapi satu hal yang harus selalu diingat, kekuasaan yang besar akan diiringi tanggung jawab yang besar dan publik dibolehkan 'menegur' bila pemerintah luput dari tanggung jawabnya," kata Mardani.