Bobby Nasution Pantau TPU COVID-19: Belum Setengah Jam Ada 2 Ambulans Antar Jenazah
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Satria H/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) COVID-19 Medan, di Jalan Bunga Rampai 4, Kecamatan Medan Tuntungan. 

Bobby Nasution melihat kesiapan sarana dan prasarana TPU C COVID-19. Dia menyaksikan beberapa jenazah yang terpapar COVID-19 dimakamkan. 

"Kita belum setengah jam saja di sini sudah kita saksikan 2 mobil ambulan yang antar jenazah. Ada juga proses pemakamannya dan satu lagi masih menunggu, dan ini masuk lagi dan sudah ada 3 (jenazah)," ujar Bobby Nasution, Kamis, 5 Agustus.

Karena itu, Bobby Nasution mengingatkan masyarakat akan bahaya penyebaran virus corona. 

"Data kemarin aja sudah 100 (jenazah) per kemarin. Dari seminggu terakhir, ada 100 ditambah hari ini 7, berarti sudah 107 (jenazah)," imbuhnya.

Wali Kota Medan meminta warga Medan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Ini kita sampaikan perlu kita tangani bersama. Lebih enak mencegahnya, lebih bagus mencegah, karena kalau sudah terpapar, apa yang bisa kita lakukan meningkatkan imun tubuh yang baik, minun vitamin, bagaimana kekuatan kondisi tubuh tergantung diri sendiri," sebutnya. 

Saat ini, kata Bobby Nasution, sudah ada 1.581 jenazah yang dimakamkan di TPU COVID-19 Medan sejak tahun 2020. TPU COVID-19 Medan, katanya, mampu menampung hingga 5.000 makam. 

"Jangan berpikir masih ada tempat, tapi pikirkan mencegahnya. Kalau bisa tidak mencapai angka 2.000 dengan cara pencegahan," bebernya.

Bobby mengungkapkan, penyebaran COVID-19 di Kota Medan terus mengalami kenaikan. Dari data per 4 Agustus, kata Bobby Nasution, ada 752 orang yang dikonfirmasi positif virus corona. 

"Kemarin rekor kita 731 positif. Ini 752,penyebarannya begitu cepat. Ayolah mengikuti prokes. Kita lakukan pembatasan, bukan untuk menghukum pelanggaran," ujar Bobby.