Bobby Nasution Tengok Medan Zoo, Berharap Ada Donatur Suntik  Bantuan Pangan Satwa
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Satria/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Kondisi Medan Zoo di Kecamatan Medan Tuntungan sangat memprihatinkan. Apalagi, di tengah pemberlakuan PPKM level IV4, kebun binatang milik Pemko Medan itu tidak beroperasi. 

Pantauan wartawan di Medan Zoo, terlihat kandang hewan seperti buaya, beberapa jenis primata dan burung dalam kondisi yang kurang terawat. Kandangnya  banyak ditumbuhi rumput liar

Untuk memastikan kondisi Medan Zoo, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, turun ke lokasi. Di sana,  Bobby Nasution sempat memberikan makan hewan seperti gajah dan harimau. 

Sesuai mengunjungi Medan Zoo, mantu Presiden Jokowi ini berharap keberadaan kebun binatang itu bisa berkembang lagi. Dengan berkembang, juga mampu menunjang pendapatan asli daerah.

Menurut Bobby, Medan zoo memiliki laham seluas 30 hektar. Baginya, ini bisa dikembangkan bukan hanya untuk kebun binatang saja melainkan bisa dibisniskan untuk menjadi perhotelan, tempat makanan dan lain sebagainya. 

"Jadi sangat disayangkan jika luas Kebun Binatang Medan Zoo sekitar 30 hektare namun yang terpakai cuman 8 hektare saja," ujarnya, Kamis, 5 Agustus. 

Bobby Nasution berharap agar adanya para donatur yang hendak mengangkat  hewan di Medan Zoo untuk kebutuhan pangan dan pengurusannya.

"Saya berharap ke depan bukan hanya bantuan Corporate Social Responsibility saja yang diterima tapi lebih bagus jika ada masyarakat yang hendak memenuhi kebutuhan pangan dan fasilitas hewan di Medan Zoo itu lebih bagus," terangnya. 

Hal itu dikatakan Bobby Nasution karena pandemi COVID-19 membawa efek samping di tempat pariwisata seperti kebun binatang Kota Medan ini.

"Kita tidak mungkin mengandalkan dana daerah terus untuk itu jika ada masyarakat yang hendak mengadopsi kebutuhan pangan dan lain-lain kenapa tidak. Tapi tetap hewannya berada di Medan Zoo tidak boleh dibawa pulang," tuturnya.