Prakiraan Cuaca BMKG: Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprakirakan Berawan, Sementara Jakarta Hujan-Petir
Mendung menghiasi sebagian langit di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 1 Juli. (Foto: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Cuaca mayoritas kota besar di Indonesia pada Senin siang berawan atau cerah berawan menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dilansir Antara, Senin, 9 Agustus, kota besar yang hari ini berawan, menurut siaran prakiraan cuaca BMKG, meliputi Kota Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Bandar Lampung, Jayapura, Manokwari, dan Makassar.

Wilayah Kota Denpasar, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Mamuju, Kendari, Palembang, dan Medan diprakirakan cerah berawan dan cuaca Kota Surabaya diprakirakan cerah.

Sedangkan Kota Serang, Ambon, Ternate, dan Padang diprakirakan menghadapi hujan ringan, Kota Banda Aceh berpeluang menghadapi hujan disertai petir, serta Kota Pontianak dan Manado berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Lampung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Sementara wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berpotensi menghadapi angin kencang.

Sementara, untuk di wilayah Jakarta, BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat dan petir di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat pada hari ini.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jaksel, Jaktim, dan Jakbar pada siang dan sore hari," kata BMKG dalam keterangannya di situs resmi BMKG dipantau di Jakarta, Senin.

BMKG memperkirakan cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta akan cerah berawan pada Senin pagi.

Selanjutnya, untuk Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan diguyur hujan ringan pada Senin siang, sementara cuaca di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan berawan.

Hujan ringan diperkirakan masih mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur hingga Senin malam, dan akan meluas ke Jakarta Pusat.

Untuk Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, BMKG memperkirakan akan cerah pada Senin malam.

Sementara itu, suhu di DKI Jakarta pada hari Senin akan berkisar antara 24 derajat Celsius hingga 33 derajat Celsius.