Tips Sukses Bisnis Startup ala Tokopedia di Usia 12 Tahun
ILUSTRASI/ANTARA-TOKOPEDIA

Bagikan:

MEDAN - Platform belanja online Tokopedia besok akan memasuki usia ke-12 tahun, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. Saat ini Tokopedia sudah menyabet gelar decacorn dengan nilai valuasi 7 dolar Amerika Serikat (AS).

Namun, selama perjalananya 12 tahun menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia, Tokopedia tak luput dari berbagai tantangan. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menggambarkan ini seperti perjalanan panjang.

Tokopedia: Hampir 100 persen penjual UMKM di Indonesia

"Perjalanan panjang lah ya, banyak kendala dan tantangan yang dihadapi, tapi kita konsisten untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital, kita fokus pada misi ini. Hampir 100 persen penjual kita juga UMKM di Indonesia, enggak kebayang diawal berdirinya 12 tahun lalu karyawan masih 3000 juga dan kini dua kali lipatnya, sekarang udah pertumbuhannya segini besar," ungkap Ekhel dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin 16, Agustus.

Ekhel juga mengatakan banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya yakni dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, yang hingga kini masih konsisten dijalani Tokopedia.

"Tantangan, menurut kita tadi mendorong akselerasi digital ini pekerjaan rumahnya Tokopedia, bagaimana kita mendorong itu, lewat kemajuan teknologi bahkan di tengah pandemi saat ini. Oleh karena itu kita mau membantu terus pegiat usaha ini, termasuk peningkatan kualitas dan proses produksi," ujar Ekhel.

Karenanya, menurut Ekhel Tokopedia hanya berfokus mengembangkan pegiat bisnis ketimbang berfokus pada produk mereka sendiri, intinya e-commerce berlogo hijau ini ingin menjadi wadah bagi UMKM. Tidak luput, Ekhel juga membocorkan satu rahasia yang membuat Tokopedia sesukses sekarang.

"Rahasia Tokopedia menurut kita yang membedakan pastinya bagaimana kita mengedepankan kolaborasi dan inovasi, ini bisnis model yang paling indah, kita bisa sukses kalau melihat mitra kita juga bisa sukses. Ini prinsip kita yang dipegang sampai saat ini. Kita tidak punya produk yang dijual sendiri, kita fokus sama platform dan menggandeng UMKM," jelas Ekhel.

Di samping itu, Ekhel juga memberikan tips dan strategi untuk startup yang baru mulai menjalankan bisnisnya, "Seperti yang sudah saya jelaskan, kunci sukses itu inovasi dan kolaborasi, ini satu hal yang saya percaya, tidak mungkin semuanya bisa kita sediakan, kita seperti Tokopedia aja gitu menjadi jembatan bagi penjual dan pembeli," tutur Ekhel.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Memasuki Usia 12 Tahun, Ini Kunci Sukses Tokopedia

Selain Tips Sukses Bisnis Startup, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!