Bila Maju Lagi di Pilpres 2024, Peluang Menang Prabowo Subianto Dinilai Kecil
DOK Instagram Prabowo Subianto

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, disebut bakal maju kembali dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Keyakinan tersebut lantaran elektabilitas Menteri Pertahanan itu selalu menduduki posisi tiga besar dalam berbagai survei.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, menilai peluang menang Prabowo sangat kecil apabila maju kembali sebagai capres untuk ketiga kalinya. Menurutnya, pertimbangan Gerindra bisa saja melesat dari hasil survei yang ada.

“Kecil peluang Prabowo menang," ujar Jamiluddin, Senin, 30 Agustus.

Selain itu, kata dia, meski Jokowi tak bisa maju lagi sebagai capres akan tetapi pendukungnya belum tentu beralih ke Prabowo. Dia memprediksi, justru pendukung Jokowi akan beralih ke calon lainnya.

Belum lagi, pendukung Prabowo yang kecewa lantaran kini berkoalisi dalam pemerintahan. Sehingga, bisa saja banyak yang memutuskan golput apabila tak ada calon yang layak.

“Ini yang menjadi dasar kemungkinan Prabowo akan tetap kalah pada Pilpres 2024,” kata Jamiluddin.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jendral Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengungkapkan Prabowo Subianto, bakal kembali maju di Pilpres 2024.

Dia memaparkan, Partai Gerindra mempunyai jargon perjuangan yang berbunyi "Berasal dari rakyat dan berjuang bersama rakyat". Di mana, kata Muzani, menjadi satu alasan pihaknya memajukan kembali Prabowo yang memiliki sikap berbakti kepada bangsa dan negara.

"Itu sebabnya, kita semua ingin agar Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra, Pak Prabowo, dalam Pilpres 2024 maju sebagai capres," ujar Muzani kepada wartawan, Minggu, 29 Agustus.