Pasokan Chip Dunia Tipis, GM Hentikan Operasional Pabrik
Pabrik obil AS, general Motor alami kekurangan chip yang sangat parah. (foto: unsplash)

Bagikan:

MEDAN - General Motors, perusahaan induk dari Chevrolet, GMC, Cadillac, dan Buick, mengatakan untuk sementara menghentikan produksi di enam pabriknya di Amerika Utara. Ini dilakukan akibat dari kekurangan chip global yang muncul awal tahun ini. Keputusan GM ini membuktikan jika pabrik mobil besar terbaru ini sangat terpengaruh oleh ketatnya pasokan chip komputer penting.

Empat pabrik GM yang berbasis di AS Tutup

Empat pabrik GM yang berbasis di AS yang akan terpengaruh adalah, Fort Wayne, Indiana; Wentzville, Missouri; Spring Hill, Tennessee; dan Lansing, Michigan. Empat pabrik lain di Meksiko dan Kanada juga akan tutup selama beberapa minggu karena GM berusaha untuk menopang pasokan chipnya. Penghentian produksi akan mempengaruhi kendaraan GM yang paling menguntungkan, termasuk truk pickup dan SUV.

 “Selama downtime, kami akan memperbaiki dan mengirimkan kendaraan yang belum selesai dari banyak pabrik yang terkena dampak, termasuk Fort Wayne dan Silao, ke dealer untuk membantu memenuhi permintaan pelanggan yang kuat untuk produk kami,” kata juru bicara dalam email.

“Meskipun situasinya tetap kompleks dan sangat cair, kami tetap yakin dengan kemampuan tim kami untuk terus menemukan solusi kreatif untuk meminimalkan dampak pada kendaraan kami dengan permintaan tertinggi dan dengan kapasitas terbatas,” tambahnya.

Kendaraan yang terkena dampak termasuk Chevy Silverado, Cheyenne, Traverse, Equinox, dan Express; GMC Acadia, Sierra, Savana, Terrain, and Canyon; Buick Enclave; dan Cadillac XT5 dan XT6.

Ini adalah kedua kalinya GM harus mengumumkan penutupan pabrik sementara sebagai tanggapan atas kekurangan chip. Pembuat mobil, yang merupakan pabrik mobil yang terbesar di Amerika Utara, sebelumnya menganggurkan beberapa pabrik selama dua minggu pada bulan April.

Tentu saja, GM tidak sendirian merasakan sakit akibat kekurangan chip semikonduktor global, yang tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Praktis setiap pembuat mobil harus memangkas produksi dan menutup sementara pabrik sebagai tanggapan, termasuk Volkswagen, Ford, dan Toyota.

Bahkan Tesla, yang membuat kendaraan jauh lebih sedikit daripada kebanyakan pesaingnya, juga mengatakan bahwa mereka harus menulis ulang perangkat lunak kendaraannya untuk mendukung chip alternatif. CEO Tesla Elon Musk mengatakan selama panggilan pendapatan bahwa "situasi kekurangan chip global tetap cukup serius."

Selama laporan pendapatan baru-baru ini, eksekutif GM tidak akan menentukan berapa banyak produksi yang mereka harapkan akan hilang karena kekurangan chip. Tetapi CEO Mary Barra mengatakan tim pembelian, manufaktur, teknik, dan penjualan bekerja untuk mengalihkan chip dari mobil dan SUV yang lebih kecil ke truk pickup ukuran penuh, SUV besar, dan kendaraan listrik baru.

Perusahaan menekankan bahwa kekurangan itu akan menelan biaya 1,5 miliar dolar AS hingga 2 miliar dolar AS dalam pendapatan sebelum pajak tahun ini karena kehilangan produksi.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: GM Hentikan Operasional Pabrik Akibat Kekurangan Pasokan Chip, Berapa Kerugiannya?

Selain Pasokan Chip Dunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!