Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin COVID-19 dengan Cepat dan Mudah
Pelajar MAN 2 Situbondo menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19, Kamis (12/8/2021). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Bagikan:

MEDAN - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan cara masyarakat untuk mendapatkan dan memperbaiki sertifikat vaksin COVID-19.

"Masih ada beberapa kendala tentang sertifikat vaksin," ujar dia dalam webinar "Vaksinasi COVID-19 Kini dan Nanti" yang dipantau dari Jakarta, dilansir Antara, Rabu, 9 September.

Mengirimkan email ke [email protected]

Dia menjelaskan jika sudah divaksin, tetapi data masih salah atau belum mendapat sertifikat vaksin, dapat mengirimkan email ke [email protected]

Kemudian pada format email diharapkan mencantumkan:

  1. Nama lengkap
  2. NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  3. Tempat dan tanggal lahir
  4. Nomor ponsel
  5. Keluhan
  6. Melampirkan foto NIK
  7. Swafoto
  8. Foto kartu vaksinasi yang sudah diterima.

Nadia menyarankan kepada masyarakat untuk memperhatikan data yang tercantum pada kartu vaksinasi saat akan meninggalkan sentra atau pos vaksinasi.

"Pada kartu vaksin yang kita terima setelah mendapatkan vaksinasi, pastikan nomor NIK dan nomor telepon genggan kita aktif," ujar Nadia.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Sudah Divaksin Tapi Belum Dapat Sertifikat, Ini Caranya yang Bisa Kamu Lakukan

Selain Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!