Siapkan Dana Rp25 Miliar, Bobby Nasution Perintahkan Segera Normalisasi Sungai di Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (DOK Instagram pribadi)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, meminta kegiatan normalisasi tiga sungai demi menanganani banjir di daerah ini segera dimulai tahun ini.

"Ada tiga sungai, yakni Bederah, Babura dan Deli silakan dinormalisasi. Tapi perlu disepakati mana yang diprioritaskan dulu," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution dikutip Antara, Jumat, 10 September.

Pemko Medan menurut Bobby Nasution sudah menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan sebesar Rp25 miliar pada kegiatan normalisasi tersebut.

Bobby Nasution juga mengungkapkan, walau lazimnya kegiatan pembebasan lahan di daerah aliran sungai ditanggung pemerintah baik pusat maupun provinsi.

"Kalau ada anggaran dari Pemkot Medan, pusat bisa keluarkan anggaran lebih besar lagi. Sekarang kami sudah siapkan anggaran pembebasan lahan," tegas Bobby.

Wali Kota Medan mengharapkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II segera memberikan progres yang dicapai dengan ketersediaan anggaran, baik Pemkot Medan, Pemprov Sumut dan pusat.

"Melalui anggaran itu, berapa persen yang bisa dikerjakan. Berapa persen pula berkurangnya cakupan wilayah terkena banjir," terang Bobby.