Cara Mengasuh Anak dengan Cerdas, Gunakan Intuitive Parenting
Ilustrasi (Katie E/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Di masa yang modern seperti sekarang ini, informasi jadi sanga mudah didapat. Salah satunya adalah informasi terkait pola asuh anak atau parenting. Informasi yang mudah didapat menjadi harapan para orang tua bisa mendidik anak dengan sebaik-baiknya.

Namun, informasi yang berlebihan juga bisa membuat orang tua kebingungan pola asuh apa yang harus dipilih atau yang cocok diterapkan kepada anak-anaknya.

Mengenal  Intuitive Parenting untuk Mendidik Anak

Ada orang tua yang menjadi cemas apakah pengasuhan yang dilakukan sudah tepat atau belum. Bahkan tak jarang pula ada merasa bersalah karena merasa kurang mampu memberi pengasuhan yang baik. Stres, cemas dan rasa bersalah ini dilatarbelakangi oleh keinginan orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anak mereka.

Oleh sebab itu, Psikolog Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., merangkum HerStory, Senin, 13 September, membeberkan bahwa Intuitive Parenting atau IP (pengasuhan intuitif) menjadi salah satu pola asuh yang bisa dicoba. IP merupakan pendekatan pengasuhan dimana orang tua lebih mengandalkan apa yang dipikir baik untuk anak dengan memegang prinsip-prinsip antara lain:

  1. Menjadikan anak lebih percaya diri, cerdas dan sehat emosi.
  2. Orang tua menjadi lebih yakin inner parenting voice yang ada di diri mereka.
  3. Berikan atensi penuh pada anak.
  4. Berikan respon secara intuitif & alami, sebagaimana respon normal sebagai orang tua.
  5. Mengikuti anak, dalam arti menyesuaikan pengasuhan dengan usia anak, temperamen, level pengetahuan anak & perkembangan otak anak.
  6. Orang tua IP tahu takada satu metode yang bisa menyelesaikan semua masalah; setiap anak unik sehingga butuh metode pendekatan yang berbeda-beda pula.
  7. Orang tua IP tidak tergesa-gesa menginginkan anak untuk mencapai kemampuan di atas usianya. Semua kemampuan ada waktunya.
  8. Orang tua IP selain sebagai main caregiver, juga partner bagi anak dalam tumbuh kembangnya.
  9. Orangt ua IP menyadari bahwa anak butuh eksplorasi, mencoba dan berbuat kesalahan dalam proses belajarnya.
  10. Untuk menjalani pola asuh IP, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua:
  11. Komitmen energi dan waktu untuk mengenali anak
  12. Tahu & paham tentang tonggak perkembangan atau milestone anak.
  13. Regulasi emosi yang baik

Tujuan IP adalah selain mengembangkan kecerdasan, juga mengembangkan 3 karakter utama pada anak: kepercayaan diri, resiliensi atau ketangguhan dan persistence atau kegigihan atau ketekunan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Intuitive Parenting, Tren Pola Asuh yang Bikin Si Kecil Makin Cerdas

Selain Cara Mengasuh Anak dengan Cerdas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!